DPRD Malinau Dorong Pemekaran Wilayah Apau Kayan

benuanta.co.id, MALINAU – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Malinau, Ping Ding dorong adanya percepatan pemekaran daerah baru di Kecamatan Apau Kayan, sebagai Kabupaten baru di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara).

Diketahui wilayah Apau Kayan merupakan salah satu wilayah di Provinsi Kaltara yang didorong untuk berdiri menjadi daerah baru.

Diungkapkan oleh Ping, wilayah Apau Kayan sudah sejak lama didorong agar dapat segera berdiri sendiri. Selain untuk percepatan pembangunan wilayah perbatasan dan pedalaman, berdirinya Apau Kayan nanti sebagai daerah baru juga dianggap dapat mempercepat pelayanan pemerintahan dan membuka akses jalan bagi wilayah pedalaman.

“Sudah sejak lama kita dorong untuk berpisah dengan Kabupaten Malinau, makanya wilayah kecamatannya juga sudah kita buat jadi empat Kecamatan agar memenuhi syarat administrasi,” kata Ping Ding, Ahad, 16 Juni 2024.

Secara administrasi Apau Kayan sebenarnya sudah memenuhi syarat, namun karena adanya moratorium membuat pemekaran wilayah Apau Kayan menjadi tertunda.

“Sudah lengkap administrasinya, tinggal moratoriumnya saya lagi yang kita tunggu dan kita juga sangat berharap pemekaran ini bisa cepat dilakukan,” ujarnya.

Ia mendorong agar pemerintah bisa terus mengawasi dan mengevaluasi setiap perkembangan isu pemekaran wilayah khususnya Apau Kayan.

“Kalau Perlu hal itu juga dilakukan mulai dari tingkat provinsi dan Kabupaten Malinau sendiri, karena ini merupakan sebuah komitmen,” lanjutnya lagi.

“Dan saya juga sangat mengapresiasi Pemerintah baik yang di kabupaten dan provinsi yang terus mengawal hal ini. Artinya kita semua juga serius dalam Pemekaran Wilayah,” pungkasnya.(*)

Reporter: Osarade

Editor: Ramli 

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2633 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *