DPKP Siapkan Sekolah Terpadu untuk Petani di Kaltara

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), rencananya bakal mengadakan sekolah terpadu kepada para petani yang ada di Kaltara.

Sekolah terpadu ini nantinya akan memberikan bimbingan teknis kepada para petani dalam membuat dan menggunakan pupuk semi organik. Yakni campuran antara pupuk organik dan pupuk kimia.

“Rencananya bulan April nanti akan kita adakan kegiatan ini, sekaligus untuk mengurangi penggunaan pupuk kimia pada pertanian kita,” kata Kepala DPKP Kaltara, Heri Rudiono, Sabtu, 25 Maret 2023.

Baca Juga :  DPKP Tegas soal Cegah Hewan Ternak masuk ke Kaltara

Dalam kegiatannya, DPKP Kaltara akan mendatangi sejumlah kelompok tani yang ada di setiap kabupaten/kota yang menyebar di Kaltara. Di mana nantinya, pihaknya akan memberikan penyuluhan terkait cara membuat pupuk organik, cara mencampurkan pupuk organik dan pupuk kimia serta cara menggunakannya agar hasil panen tetap stabil.

“Dari hasil uji coba yang kita lakukan penggunaan pupuk semi organik ini, justru menghasilkan hasil panen yang jauh lebuh baik dan biaya perawatan pertanian yang jauh lebih murah,” jelasnya.

Baca Juga :  DPKP Tegas soal Cegah Hewan Ternak masuk ke Kaltara

“Jadi biaya pupuknya murah, tapi panennya tetap banyak dan berkualitas. Makanya sekolah terpadu ini sangat penting kita laksanakan untuk mensosialisasikan hal ini kepada para petani,” sambungnya.

Terkait pelaksaan kegiatannya sendiri, Heri mengaku sudah menentukan titik-titik kegiatannya namun hanya pada area sentra pertanian.

“Karena kegiatannya ini kita lakukan di semua kabupaten/kota, jadi hanya area kelompok tani besar saja yang kita lakukan sekolah terpadu. Dengan harapan kelompok tani ini akan menjadi rantai sosialisasi kita kepada kelompok tani yang lain,” pungkasnya. (*)

Baca Juga :  DPKP Tegas soal Cegah Hewan Ternak masuk ke Kaltara

Reporter: Osarade

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *