Potensi Kaltara Disebut Menjanjikan untuk Ketahanan Pangan Nasional  

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Desa Karang Karung, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara). Staf Khusus Kementerian Pertanian (Kementan RI) Sam Herodian, menyebut potensi pertanian Provinsi Kaltara sangat besar dan menjanjikan kekuatan ketahanan pangan nasional.

Ia mengatakan, jika dilihat dari luas lahan kosong yang ada, Provinsi Kaltara sangat menjanjikan untuk menjadi daerah penghasil pertanian besar di masa depan.

“Saya sangat salut karena dengan jumlah lahan yang ada saat ini Kaltara sudah dapat menjadi daerah mandiri pangan, apalagi jika hal itu ditambah dengan penghidupan lahan kosongnya tentu hal ini sangat menghidupkan pertanian daerah,” kata Sam Herodian, Ahad (5/5/2024).

Baca Juga :  Bantuan Alat Pertanian Kaltara Menunggu Alokasi dari Kementerian

Dalam Kunker ini, ia juga membawa program bantuan pertanian dari Kementan berupa bibit padi gogo, pupuk dan lainnya yang diharapkan dapat membantu petani dalam menghasilkan hasil pertanian.

“Daerah membutuhkan dan kita hadir langsung untuk menyalurkan bantuan program pertanian dan hal ini juga sejalan dengan program Pemprov Kaltara yang sama dengan program Kementan RI,” ujarnya.

Sam Herodian juga sangat mengapresiasi Pemprov Kaltara dan Pemkab Bulungan yang ternyata memiliki program kesamaan dengan program pusat.

Baca Juga :  DPKP Kaltara Jamin Ketersediaan Sapi Ternak Idul Adha Tahun 2024

Di mana dengan adanya kesamaan itu ia mengharapkan dapat membantu petani untuk memperbanyak hasil produksi dan membantu Pemprov Kaltara dalam memperluas lahan pertanian daerah.

“Programnya sudah ada tinggal kita jalankan. Tahun ini Insyallah sudah bisa kita salurkan apalagi tadi petani juga banyak mengeluh terkait alat pertanian dan saluran pengairan. Sehingga kita ingin nantinya baik hand traktor, traktor dan bantuan perpipaan bisa disalurkan ke kelompok tani Desa Karang Agung di tahun ini,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala DPKP Provinsi Kaltara Heri Rudiono juga mengapresiasi Kementan RI yang sudah melakukan Kunker ke Kaltara. Menurutnya Kunker yang dilakukan ini memberikan dampak yang sangat positif bagi petani lokal.

Baca Juga :  DPKP Kaltara Jamin Ketersediaan Sapi Ternak Idul Adha Tahun 2024

“kita sudah melihat secara langsung dan Alhamdulilahnya juga direspon cepat oleh beliau, sehingga ke depannya kita tinggal menjalankan program bantuan pertanian yang sudah didukung oleh Kementan RI,” pungkasnya. (adv)

Reporter: Osarade

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2920 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *