DPKP Kaltara Dapat 19 Paket Irigasi Perpompaan dari Pemerintah Pusat

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Upaya meningkatkan hasil produksi pertanian dilahan-lahan yang masih kekurangan sumber air bersih Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara(Kaltara) bakal menyiapkan 19 paket irigasi perpompaan untuk kelompok tani yang ada di Kabupaten Bulungan, Kabupaten Malinau dan Kabupaten Nunukan.

19 paket irigasi perpompaan ini merupakan kegiatan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) yang diberikan kepada DPKP Kaltara untuk dialokasikan kepada Kelompok tani yang ada di Kaltara.

“Dari total 19 paket itu. 10 paket diperuntukan di Kabupaten Bulungan, 3 paket di Kabupaten Malinau dan 6 paket di Kabupaten Nunukan dan semuanya masih dalam tahapan proses alokasi,” kata Kabid Sarana dan Prasarana (PSP) DPKP Provinsi Kaltara Ramadani pada Senin, 03 Juni 2024.

Ia menambahkan 19 paket irigasi perpompaan ini diperuntukan khusus untuk penambahan area tanam padi dan peningkatan hasil produksi pertanian.

Pasalnya, selama melakukan peninjauan lapangan pada kegiatan tahun 2023 lalu, DPKP Kaltara banyak menemukan persoalan pertanian yang dikeluhkan oleh para Kelompok tani.

Dimana dalam beberapa kondisi area pertanian, kelompok tani di Kaltara masih banyak yang kesulitan mendapatkan air bersih untuk lahan pertanian.

“Beberapa kasus, kita menemukan lahan pertanian yang seperti itu. Airnya ada tapi saluran irigasinya yang kurang atau bahkan tidak ada. Sehingga irigasi perpompaan ini menjadi salah satu kegiatan yang sangat kita dorong agar pemerintah pusat bisa membantu dan alhamdulillahnya kita diberikan 19 paket irigasi perpompaan,” terangnya.

Dengan adanya 19 paket kegiatan ini DPKP Kaltara berharap kedepannya tidak ada lagi kelompok tani yang mengalami kesulitan dalam mendapatkan air bersih pertanian. Serta tidak ada lagi petani yang mengalami situasi kekurangan hasil panen.

“Tujuan dari kegiatan irigasi perpompaan ini memang untuk meningkatkan hasil produksi pertanian di Kaltara, sehingga nantinya kita juga akan semakin kuat dalam hal ketahanan pangan mandiri dan tentu para petani juga akan semakin sejahtera dengan banyaknya hasil panen mereka,” pungkasnya.(adv)

Reporter: Osarade

Editor: Ramli 

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2009 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *