Kepala DPKP Dorong Pelajar Ikut Seleksi Beasiswa Pendidikan Tinggi Perkebunan Kelapa Sawit

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Perkebunan (Ditjenbun), Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) mendorong para pelajar agar ikut seleksi nasional beasiswa pendidikan tinggi perkebunan kelapa sawit tahun 2024.

Pasalnya pada tahun 2024 ini, Ditjenbun membuka beasiswa pendidikan tinggi perkebunan kelapa sawit untuk para pelajar Kaltara. Di mana beasiswa ini dibuka untuk kategori vokasi dari jenjang DI, DII, DIlI dan DIV dan kategori akademik untuk jenjang Strata 1.

Kepala DPKP Provinsi Kaltara, Heri Rudiono mengatakan adanya beasiswa ini tentunya harus dimanfaatkan oleh para pelajar Kaltara.

Pasalnya beasiswa Perkebunan Kelapa Sawit ini akan memberikan fasilitas beasiswa mulai dari biaya pendidikan penuh, uang saku dan uang buku, sertifikat kompetensi, biaya transportasi tempat tinggal – kampus, magang di perkebunan besar dan biaya wisuda.

“Makanya kita terus memberikan sosialisasi agar para pelajar yang lulus juga tertarik untuk mengambil beasiswa ini. Karena beasiswa ini tentunya akan membantu ekonomi orang tua mereka karena tidak perlu lagi mengeluarkan biaya pendidikan,” kata Heri, Senin (3/6/2024).

Adanya beasiswa ini juga mengacu pada program Sumber Daya Manusia Perkebunan Kelapa Sawit (SDMPKS). Pasalnya pada masa yang akan datang Heri mengaku optimis Kaltara akan menjadi investasi besar Perkebunan Sawit.

Sehingga adanya SDM lokal yang menjanjikan baik secara umum dan kemampuan teknis sangat dibutuhkan sebagai penyerapan tenaga kerja lokal Kaltara.

“Untuk pendaftaran dan informasi lainnya, dapat diperoleh di www.beasiswasdmsawit.id. Beasiswa ini sangat penting sebagai persiapan SDM lokal kita. Karena selain dapat menjadi pekerja perusahaan besar, mereka juga bisa mengembangkan diri dengan membuka perkebunan sawit sendiri jika menginginkannya,” terangnya.

Dari program beasiwa tersebut, Heri berharap nantinya dapat mencetak generasi muda perkebunan sawit yang dapat secara konsisten meningkatkan industri perkelapasawitan di Kaltara, nasional sampai internasional.

“Jadi tidak hanya industrinya saja yang kita harapkan untuk maju tapi SDM-nya juga kita inginkan dapat maju agar bisa menjadi SDM yang memiliki kualifikasi secara teknis,” pungkasnya. (adv)

Reporter: Osarade

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1989 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *