Pemkab Berau Ikuti Rakornas PIP 2022

TANJUNG REDEB – Pemerintah Kabupaten Berau mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengawasan Intern Pemerintah (PIP) tahun 2022 yang digelar Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) RI secara virtual pada Selasa (14/6/2022).

Rakornas yang dibuka secara resmi oleh Presiden RI Joko Widodo tersebut, diikuti Asisten III Bidang Administrasi Umum Setkab Berau Ir Hj Maulidiyah yang mewakili Bupati Berau Sri Juniarsih di ruang teleconference Diskominfo Berau.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1940 votes

Hadir pula Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) H.Taupan Majid, Inspektorat serta sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi menyampaikan beberapa hal terkait ketidakpastian global yang tengah dihadapi oleh berbagai negara, termasuk Indonesia.

Presiden meminta jajarannya untuk menyiapkan diri terhadap ancaman krisis pangan hingga krisis energi di Indonesia.

“Berkali-kali saya sampaikan, bahwa situasi saat ini tidak mudah, situasi yang tidak gampang karena ketidakpastian global. Ancaman krisis pangan, krisis energi, kenaikan inflansi semua negara mengalami,” kata Jokowi.

Menurutnya, saat ini baru tahap awal terjadi situasi ketidakpastian global. “Oleh sebab itu, kita semuanya betul-betul harus menyiapkan diri mengenai ini, pangan, energi harus betul-betul disiapkan,” tegasnya.

“Kita negara besar, pangannya juga perlu yang besar, energi juga butuh energi yang besar,” tambahnya.

Meski demikian, Jokowi mengatakan ancaman krisis pangan sebetulnya bisa juga menjadi peluang besar bagi Indonesia.

“Tetapi ancaman krisis pangan ini juga bisa dijadikan peluang karena lahan yang besar, banyak yang belum dimanfaatkan dan produktif,” jelasnya.

Lebih lanjut, Jokowi membeberkan beberapa situasi ketidakpastian global yang dihadapi.

Seperti, ada seorang perdana menteri yang tak disebutkan namanya meminta bantuan minyak goreng kepada Presiden.

Perdana menteri tersebut, meminta Jokowi mengirimkan stok minyak goreng, jika tidak maka akan berimbas terjadinya krisis.

“Dua hari yang lalu, malam, saya mendapatkan telepon dari seorang perdana menteri nggak usah saya sebutkan, beliau meminta-minta betul, Presiden Jokowi tolong dalam sehari dua hari ini, kirim yang namanya minyak goreng,” kata Jokowi.

Untuk itu, Jokowi mengajak para pejabat untuk memiliki rasa kepekaan. “Kita semuanya harus tahu harus punya kepekaan atau sense of crisis semuanya, kerja semuanya tidak bisa hanya makro, mikronya detail harus tahu,” ucapnya.

“Oleh sebab itu, belanja pemerintah pusat dan daerah itu harus memiliki hal ini, yakni menciptakan nilai tambah, bisa membangkitkan pertumbuhan ekonomi dalam negeri,” imbuh Jokowi.

Setelah menyampaikan pesannya, Jokowi langsung membuka acara Rapat Koordinasi Nasional Pengawasan Intern Pemerintah (Rakornas PIP) Tahun 2022. (hms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *