oleh

300 Personel Disiapkan untuk Amankan Pilkada Bulungan

TANJUNG SELOR – Setelah PKPU Nomor 5 Tahun 2020 terbit, Polres Bulungan pun mengambil langkah untuk memberikan pengamanan bersama dengan TNI dalam setiap tahapan.

Karena dalam PKPU itu tahapan dari bulan Juni hingga pemungutan suara tanggal 9 Desember 2020 sangat padat. Bahkan tugas kepolisian masih ada hingga dilaksanakan pelantikan.

“Kita di Polres ada pasukan pengamanan dan penegakan hukum terpadu (Gakkumdu). Dengan PKPU ini dibantu TNI siap mendukung pelaksanaan Pilkada 2020 di Bulungan dan Tana Tidung,” ungkap Kapolres Bulungan AKBP Teguh Triwantoro kepada benuanta.co.id, Jumat 19 Juni 2020.

Baca Juga :  PTM di Kecamatan Tanjung Selor Dilakukan Secara Parsial

Dia mengatakan, rencana pengamanan sudah disusun sedemikian rupa, yang terlibat jumlahnya mencapai ratusan personel dari Polres Bulungan, Kodim 0903 serta dari Brimob Bulungan serta Linmas. “Kita sudah siapkan ada 300 lebih personel yang terlibat,” bebernya.

Terkait kerawanan wilayah, pihaknya sudah melaksanakan maping. Hasilnya sementara masih kondusif. Walaupun ada gejolak dan riak-riak sudah ada penanganannya dilaksanakan dengan calling system.

Baca Juga :  Pelabuhan Long Bia Bakal Diserahkan ke Pemerintah Desa untuk Dikelola 

“Wilayah atensi sendiri yakni di Bulungan ini sendiri. Atensi yang kita hadapi adalah transportasi paling jauh itu Long Peso dan Tana Lia KTT,” jelasnya.

Untuk indeks kerawanan pemilu (IKP) kepolisian memiliki cara pandang sendiri, namun tetap akan berkoordinasi dengan Bawaslu. Namun paling santer terjadi adalah kampanye gelap, politik uang dan berita bohong.

Baca Juga :  PLN Minta Lahan PLTD Long Peso, Syarwani Akan Bahas Lebih Lanjut 

“Termasuk isu SARA karena di sini heterogen sehingga potensi konflik pasti ada. Tapi kita sudah siap dalam situasi khusus kontijensi, kemungkinan terburuk harus kita siapkan,” ucap Teguh. (*)

 

Reporter: Heri Muliadi

Editor: M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed