Pemilihan Bupati Bulungan 2024 Tanpa Calon Independen

benuanta co.id, TANJUNG SELOR – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) bupati dan wakil bupati Bulungan periode 2024-2029 yang akan diselenggarakan pada 27 November mendatang dipastikan tanpa kontestan independen atau perseorangan.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bulungan telah menutup tahapan penyerahan syarat dukungan perseorangan bakal calon bupati dan wakil bupati Bulungan, pukul 23.59 WITA, Ahad (12/5/2024).

Ketua KPU Bulungan Mahdi E Paukoma, mengatakan sesuai dengan tahapan, penyerahan syarat dukungan jalur perseorangan sejatinya telah dibuka KPU Bulungan sejak 8 Mei.

Namun, sampai batas akhir penyerahan tak satu pun bakal calon bupati dan wakil menyerahkan syarat dukungan minimal yaitu 11.213 dukungan. Ribuan dukungan tersebut harus dibuktikan dengan KTP elektronik dan tersebar di minimal enam kecamatan atau 10 persen dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2024.

“Sejak 8 sampai dengan 12 Mei pukul 23.59 WITA ini tidak ada yang menyerahkan syarat dukungan, alias nihil,” ucapnya, Senin (13/5/2024).

Tidak adanya pendaftar jalur perseorangan, praktis KPU menatap tahapan pendaftaran bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati Bulungan jalur partai politik. Tahapan pencalonan jalur partai politik baru dibuka KPU pada 27 sampai 29 Agustus 2024.

“Maka yang kami lakukan setelah ini adalah sosialisasi tahapan-tahapan dan untuk yang sekarang berjalan adalah tahapan pembentukan badan ad hoc,” ujarnya.

Sesuai petunjuk teknis dari KPU RI, tidak ada tahapan perpanjangan masa penyerahan syarat dukungan jalur perseorangan bakal calon bupati dan wakil bupati.

Sebelumnya, pada 5-7 Mei 2024 KPU Bulungan telah mengumumkan jadwal dan tahapan penyerahan syarat dukungan bakal calon perseorangan di berbagai platform media.

“Ada beberapa yang datang ke kita baik dalam diskusi non formal saja. Itu ada, tetapi kemudian kita menunggu sampai 12 Mei ini, tidak ada pihak yang menyerahkan,” pungkasnya. (*)

Reporter: Ike Julianti

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2926 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *