HUT TNI Ke 79 Tahun, Danlanal Nunukan Sebut Komitmen Jaga Perbatasan 

benuanta.co.id, NUNUKAN – Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke 79 tahun dilaksanakan di depan Tugu Dwi Kora yang berada di Alun-alun Nunukan pada, Sabtu 5 Oktober 2024.

Komandan Lanal Nunukan Kolonel Laut (P) Handoyo mengatakan, tema HUT TNI tahun ini “TNI Moderen Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional untuk Indonesia Maju”.

“Puncak perayaan HUT TNI hari ini, kita melaksanakan upacara di Tugu Dwi Kora sesuai dengan Temanya TNI moderen bersama rakyat, jadi kami ingin memeriahkan perayaan ini bersama-sama dengan masyarakat di Kabupaten Nunukan,” kata Handoyo kepada awak media, Sabtu (5/10/2024).

Baca Juga :  Pelaksanaan CAT CPNS Nunukan Digelar Awal November

Diungkapkannya, di Alun-alun Nunukan merupakan tempat berkumpulnya masyarakat Kabupaten Nunukan, selain itu Tugu Dwi Kora merupakan ikon sebagai bukti dari perjuangan TNI di perbatasan.

Adapun sejumlah peserta dalam upacara ini melibatkan seluruh instansi TNI baik TNI Angkatan Darat, Udara, Laut, kepolisan, Satpol-PP, Basarnas dan Dinas pemadam kebakaran Nunukan.

Handoyo mengatakan, rangkaian sejumlah kegiatan HUT TNI telah berlangsung yang mana kegiatan tersebut langsung bersentuhan dengan masyarakat, baik khitanan massal untuk usai anak-anak, untuk anak remaja dalam hal ini pelajar dilaksanakan lomba baris berbaris.

Selain itu, untuk masyarakat umum telah dilaksanakan bakti sosial dan bakti kesehatan, lalu pagelaran produk UMKM Nunukan.

Baca Juga :  Imigrasi Nunukan Periksa Dokumen dan Crew Kapal Bendera Malaysia dan Filipina

“Begitu juga dengan komunitas- komunitas yang ada Nunukan, seperti trill kita adakan Sabtu ceria dengan menyusuri Kabupaten Nunukan. Saat ini juga masih berlangsung perlombaan bola voli yang dilaksanakan oleh satgas Pamtas,” ucapnya.

Di HUT TNI yang ke 79 ini, Handoyo berharap seluruh unsur TNI di perbatasan semakin solid di internal TNI, bersinergi dengan Kepolisan, Pemerintah Pusat, Provinsi, Pemerintah Kabupaten Nunukan dan unsur Forkopimda untuk memajukan program pusat maupun program daerah.

Selain itu, dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 ini, Handoyo mengatakan jika TNI siap ikut handil dalam melaksanakan pengamanan untuk menjaga kedaulatan di perbatasan.

Baca Juga :  Alat Kelengkapan Dewan Nunukan Ditetapkan, Setiap Komisi Diminta Buat Program Kerja

Handoyo juga menegaskan, jika TNI akan menjalankan tugas pokoknya untuk menjaga keamanan dan kedaulatan negara.

“Lanal Nunukan, kita komitmen akan menjaga wilayah kita dari berbagai ancaman hukum baik perlintasan orang ilegal-ataupun barang-barang ilegal yang dapat merusak generasi bangsa,” tegasnya. (*)

Reporter: Novita A.K

Editor: Ramli 

TS Poll - Loading poll ...
Coming Soon
Calon Pemimpin Kaltara 2024-2029 Pilihanmu
{{ row.Answer_Title }} {{row.tsp_result_percent}} % {{row.Answer_Votes}} {{row.Answer_Votes}} ( {{row.tsp_result_percent}} % ) {{ tsp_result_no }}

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *