BPN Terbitkan 3.619 Sertipikat Tanah di Mansapa dan Tanjung Harapan

benuanta.co.id, NUNUKAN – Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Nunukan melakukan penataan aset melalui Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap di Kelurahan Mansapa dan Tanjung Harapan.

Jumlah Sertipikat yang berhasil diterbitkan pada rentang waktu 2018 hingga 2023, melalui kegiatan penataan aset yang telah dilakukan BPN Program pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) melalui anggaran APBN pada tahun 2023 sebesar Rp 2.024.500.000.

Kepala Kantor ATR-BPN Kabupaten Nunukan, Jhon Palapa mengatakan pihaknya telah menerbitkan Sertipikat PTSL di Kelurahan Mansapa ada 1. 055 sertifikat dan Tanjung Harapan sebanyak 2. 564 sertifikat.

Baca Juga :  Reklame Calon Kepala Daerah Bertebaran, Bawaslu Nunukan Sebut Bukan Pelanggran

“Dari tahun 2018 hingga 2023 sebanyak 1055 sertifikat yang kita terbitkan di Kelurahan Mansapa, untuk Kelurahan Tanjung Harapan itu paling banyak yakni mencapai 2. 564 sertifikat. Jadi total keseluruhannya ada 3.619 sertifikat,” kata Jhon Palapa, kepada benuanta.co.id, Senin, 22 April 2024.

Selain itu, BPN Nunukan bekerja sama dalam kegiatan pembuatan Peta ZNT di Pulau Nunukan dan Pulau Sebatik. dengan adanya Peta ZNT di Kabupaten Nunukan Sehingga informasi tanah dapat dimanfaatkan untuk pelayanan Masyarakat sebagai referensi kebijakan yang berkaitan dengan tanah serta memiliki manfaat baik terutama dalam transaksi jual beli tanah dan property, membantu dalam pelayanan agar nilai dan pajak tanah lebih transparan dan lebih adil serta memberikan informasi kepada Instansi Pemerintah dalam merencanakan pembangunan untuk kepentingan umum khususnya dalam hal pengadaan tanah.

Baca Juga :  Gaji Tak Kunjung Dibayar Majikan di Malaysia, Tiga PMI Putuskan Pulang Kampung

Sejak tahun 2021 hingga 2023 capaian kegiatan penataan akses itu yang memiliki data akses reform, pengembangan usaha dan fasilitasi akses pemasaran sebanyak 350 KK dan subjek di sektor Rumput Laut, sedangkan yang memiliki data akses reform, pengembangan usaha dan fasilitasi akses Pemasaran 137 kepala keluarga yang memiliki kelompok Budidaya ikan.(*)

Baca Juga :  Warga Krayan Diharapkan Berperan Aktif Cegah Penyelundupan Manusia

Reporter: Darmawan

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2963 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *