Apresiasi Kaum Perempuan Menangkan Pileg Malinau

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Malinau Ping Ding, mengapresiasi keterlibatan wanita dalam Pileg Serentak tahun 2024 yang jatuh pada 14 Februari lalu.

Selain karena banyak melibatkan kaum perempuan, Pileg tahun 2024 ini juga dianggap menjadi suatu terobosan baru bagi Parpol Demokrat Kabupaten Malinau.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1988 votes

Pasalnya, dari 20 kursi DPRD yang diperebutkan dalam Pileg Serentak lalu, 3 kursi berhasil didapatkan oleh kaum perempuan dan menjadi suara terbanyak diantara Caleg lainnya. Bahkan melebihi perolehan suara kaum pria.

“Negara sudah memberikan ruang sebanyak 30 persen untuk keterlibatan wanita dan kita berhasil memanfaatkan hal itu, terlebih lagi kita juga menang. Artinya kaum perempuan juga tidak bisa dipandang sebelah mata dalam hal politik,” kata Ping Ding pada Sabtu 09 Maret 2024.

Tiga wanita dengan perolehan suara terbanyak itu sendiri termasuk Ping Ding dengan 1597, Dessy Puspita Sinaga 1491 suara dan Eva Christine Agustina 3962 suara. Hal itu berhasil membuat kader perempuannya merajai hasil Pileg Malinau. Tercatat 9 kursi DPRD Malinau diduduki Demokrat.

“Dan hal ini juga berhasil berkat keterlibatan perempuan kita dalam Pileg kemarin, karena dari tujuh kursi kita berhasil menambah dua kursi untuk Periode 2024-2029,” ujarnya.

Sebagai kaum perempuan yang menjadi Petahana Pileg Kabupaten Malinau, Ping Ding juga berpesan agar para kader perempuan terpilih bisa lebih menunjukan eksistensinya dalam berpolitik dengan menjalankan tugas dan amanah masyarakat dengan baik dan bijak.

Menurutnya, keterlibatan perempuan dalam berpolitik tidak berhenti sampai memenangkan kursi Pileg saja. Tapi juga harus bisa menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik untuk mendukung pembangunan Daerah dan aspirasi masyarakat.

“Meski perempuan tapi tugasnya jangan di kantor saja, melainkan turun kelapangan dan serap aspirasi masyarakat dan bantu masyarakat,” lanjutnya lagi.

“Karena itulah tugas dan kewajiban kita sebagai anggota DPRD ketika dipilih oleh masyarakat dan tentu kita juga harus menjawab kepercayaan itu,” pungkasnya.(*)

Reporter: Osarade

Editor: Ramli 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *