Permudah Masyarakat, Imigrasi Bakal Bentuk Unit Layanan Paspor di Pulau Sebatik

benuanta.co.id, NUNUKAN– Permudah pelayanan Keimigrasian di Pulau Sebatik, Kantor Imigrasi Kelas II Nunukan akan bentuk Unit Layanan Paspor (ULP) di Sebatik.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Nunukan, Ryan Aditya mengatakan, pihaknya memastikan ULP di Sebatik akan segara dibentuk tahun ini.

“Tentu ini semua untuk memberikan kemudahan pelayanan pembuatan pasport bagi masyarakat, jadi masyarakat yang ada di Pulau Sebatik tidak perlu jauh-jauh lagi datang ke sini untuk membuat pasport,” kata Ryan Aditya, kepada benuanta.co.id, Jumat (26/1/2024).

Baca Juga :  Belajar Budaya Tidung di Nunukan akan Dibawa ke Malaysia

Ryan mengatakan, selama ini antusias masyarakat dalam mengurus dokumen Keimigrasian sangat tinggi.

Bahkan, pada pelayanan paspor Simpatik yang dilakukan pihaknya beberapa waktu lalu, setidaknya ada 300 orang pemohon dari Sebatik.

“Jadi nanti ULP ini akan memberikan pelayanan baik permohonan pembuatan pasport maupun perpanjangan pasport,” ungkapnya.

Selian untuk memberikan pelayanan, Ryan mengatakan jika dengan dibentuknya ULP di Sebatik, masyarakat di sana tidak perlu membuang ongkos yang banyak lagi untuk menyeberang ke Nunukan.

Baca Juga :  Komisi I DPRD Soroti Pelayanan di RSUD Nunukan

“Selama ini mereka datang kesini itu sudah harus mengeluarkan ongkos Ferry atau perahu, belum lagi kalau ada dokumen yang kurang harus kembali lagi untuk melengkapinya, makanya dengan dibentuknya ULP ini lebih menghemat ongkos dan waktu masyarakat,” jelasnya.

Ryan menambahkan, hadirnya ULP ini tentunya menjadi langka awal untuk membuat semua masyarakat di pedalaman bisa memiliki dokumen paspor. Sebab, hingga saat ini masih ada saja masyarakat yang masuk secara ilegal.

Baca Juga :  WNA Malaysia Selundupkan Sabu dalam Anus, Mengaku karena Terlilit Hutang 

“Sehingga, ketika PLBN sudah dioperasikan, masyarakat sudah memiliki dokumen semuanya. Tentunya, ini tak lepas dari dukungan masyarakat maupun pemerintah,” pungkasnya. (*)

Reporter: Novita A.K

Editor: Nicky Saputra 

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2654 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *