Wabup Hanafiah Ajak Masyarakat Perbatasan Tingkatkan Jiwa Patriotisme

benuanta.co.id, NUNUKAN – Peringatan Hari Bela Negara merupakan salah satu momemntum yang menjadi semangat menjaga jiwa patriotisme. Hal itu disampaikan langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) Nunukan, H. Hanafiah yang memimpin upacara Peringatan Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023 di halaman Kantor Bupati Nunukan pada Selasa (19/12/23).

Wabup Nunukan menyampaikan, Peringatan Hari Bela Negara tahun ini juga menjadi momentum bagi semua kalangan untuk semakin meningkatkan kesadaran, semangat, serta kewajiban dalam membela negara, membangun bangsa, dan berkontribusi positif demi Indonesia yang maju.

“Saya mengajak kita semua untuk bersama-sama menunaikan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan peran dan profesi kita masing-masing, untuk ikut serta dalam Bela Negara,” ucap H. Hanafiah.

Peringatan bela negara ini sangat penting untuk dilakukan agar tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, khusunya di wilayah Perbatasan Nunukan. Apalagi sebagai gambaran negara jiran terhadap Indonesia.

“Seperti apapun kondisinya kita tetap Indonesia, saya juga berpesan warga yang berbatasan langsung dengan negara tetangga agar tetap menjaga jiwa patriotisme dan bela negaranya harus kuat,” jelasnya.

Jangan sampai ada sejengkal wilayah ini berkurang dengan adanya pengaruh dari luar, jadi harus berpegang teguh kepada Pancasila.

“Tantangan ke depan semakin tidak terduga. Kita bukan hanya menghadapi ancaman fisik, tetapi juga ancaman yang tak kasat mata. Pandemi, konflik global, revolusi teknologi, hingga krisis iklim telah membawa dampak dan risiko ketahanan negara,” sebutnya.

Lebih lanjut, Bela Negara di Indonesia bukan hanya terkait pada aspek militer tetapi harus lebih luas lagi, merangkul semua lapisan masyarakat dalam kehidupan sehari hari. Setiap tindakan, sekecil apapun, yang dilandasi cinta kepada bangsa dan negara, cinta kepada Pancasila dan NKRI adalah wujud konkret Bela Negara. (*)

Reporter:  Darmawan

Editor: Nicky Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *