DPK Susun Rencana Aksi Kerja Tahun 2024

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kalimantan Utara (Kaltara) tengah menyusun rencana dan aksi kerja untuk 2024 mendatang. Hal itu dijelaskan oleh Pelaksanaan Tugas (Plt) Kepala DPK Kaltara, Yosua Batara Payangan.

Diterangkannya nantinya pihaknya akan menghadirkan program untuk masyarakat bisa merasakan peran dan keberadaan perpustakaan. Salah satunya dengan memperluas jangkauan perpustakaan keliling.

“Perpustakaan keliling di tahun 2024 akan kami upayakan sampai ke pedalaman Nunukan dan Malinau, termasuk ke Tana Tidung. Mobil perpustakaan tahun depan akan turun ke daerah pedalaman tersebut,” sebutnya, Rabu (6/12/2023).

Bahkan Festival Literasi akan diadakan di wilayah perdesaan. Hal ini dimaksudkan untuk memberi wadah dan ruang berkreasi bagi para pegiat literasi. “Festival Literasi yang tahun ini dilaksanakan di dua kota, akan diadakan di perdesaan. Ini bisa menjadi panggung para pegiat literasi untuk menampilkan kekreatifitasannya,” sebutnya.

Perpustakaan Kaltara turut merencanakan kegiatan berbagai bedah buku. Yosua menginginkan pemahaman dan daya kritis masyarakat bisa meningkat melalui kegiatan ini. Perpustakaan saat ini memiliki program pembelajaran Bahasa Inggris akan divariasikan dengan Bahasa Mandarin. Program ini direncanakan tanpa dipungut biaya untuk lulusan SMA sampai perguruan tinggi.

“Program ini mengakomodir keinginan bapak gubernur, agar masyarakat Kaltara mempunyai kompetensi yang siap untuk masuk dunia kerja seperti di Kawasan Industri Hijau Indonesia. Pak gubernur meminta kepada kami untuk membantu menyiapkan masyarakat, terutama dari sisi bahasa,” ungkapnya.

Peningkatan koleksi buku juga akan diupayakan di tahun 2024. Pengembangan koleksi tersebut akan menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

“Koleksi buku yang ada sekarang memang masih kurang, tapi pelan-pelan akan kita tingkatkan. Pada akhirnya, kami menginginkan agar perpustakaan bisa berperan dalam berbagai kegiatan masyarakat,” pungkasnya. (*)

Reporter: Ike Julianti

Editor: Nicky Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *