Siapkan SDM Berbahasa Inggris untuk Dukung Pembangunan KIPI

benuanta.co.id, Bulungan – Provinsi Kalimantan Utara, terutama Kabupaten Bulungan kini memiliki Kawasan Industri Hijau Indonesia (KIHI), atau dikenal sebagai Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) Tanah Kuning Mangkupadi di Kecamatan Tanjung Palas Timur.

Dalam rangka menyambut pembangunan ini, Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang memberikan arahan agar sumber daya manusia (SDM) di wilayah ini dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1941 votes

Dengan demikian, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kaltara mulai mempersiapkan program pelatihan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, terutama bagi anak-anak sekolah dasar (SD).

“Karena dari mereka lah, SDM yang akan menjadi andalan dan masuk seluruh pekerjaan yang tersedia di kawasan industri baru tersebut,” ucap Plt Kepala DPK Kaltara, Yosua Batara Payangan.

Salah satu program yang diadakan adalah English Funday, di mana siswa SD diajarkan bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan dan santai melalui permainan. Program lainnya juga sedang dipersiapkan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kaltara untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris bagi masyarakat setempat, di antaranya adalah pelatihan bahasa Inggris secara online melalui media sosial dan web.

“Ini adalah upaya yang luar biasa dari pemerintah daerah untuk mempersiapkan SDM yang handal dan mumpuni dalam persaingan global,” ujarnya.

Dengan kemampuan bahasa Inggris yang memadai, SDM di Kalimantan Utara dapat meningkatkan daya saing, membuka lapangan pekerjaan baru, dan mengundang investasi, serta memajukan kawasan industri hijau Indonesia yang sedang dipersiapkan.

“Mari dukung upaya pemerintah dalam mengembangkan SDM yang handal dan siap menghadapi persaingan global. Bersama-sama kita dapat membangun masa depan cerah dan membawa kemajuan untuk Kalimantan Utara,” pungkasnya.(adv)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *