DPK Kaltara: Masyarakat Sejahtera Melalui TPBIS

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Upaya pengembangan perpustakaan hingga ke desa, Perpustakaan Nasional membuat program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) di Kalimantan Utara (Kaltara). Program TPBIS sudah berjalan sejak 2020.

Hal itu di sampaikan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltara Yosua Batara Payangan. Tujuan diselenggarakannya TPBIS ini secara umum terangkum dalam arah kebijakan Perpusnas tahun 2020-2024, yaitu peningkatan SDM (sumber daya manusia), melalui penguatan budaya literasi dan pemasyarakatan budaya kegemaran membaca.

“Publikasi dan penguatan konten literasi serta transformasi perpustakaan dalam segala kegiatan bisa meningkatkan lagi jumlah kunjungan dan ketertarikan masyarakat,” ucapnya, Senin (18/12/2023).

Secara spesifik, dijelaskan, tujuan TPBIS adalah terciptanya masyarakat sejahtera melalui transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial.

Kegiatan TPBIS, imbuhnya, merupakan program nasional yang dilaksanakan oleh Perpusnas RI yang mendapatkan dukungan Bappenas dan Kementerian Desa.

Yosua menambahkan, program transformasi perpustakaan sudah dijalankan sejak 2020 di Kaltara. “Hingga, 2022 telah menjangkau 4 perpustakaan umum daerah kab kota dan 9 perpustakaan desa penerima manfaat program,” ungkapnya.

Pada tahun 2023, lanjutnya Kaltara kembali dipercaya melakukan program TPBIS ini, dengan terpilihnya 7 perpustakaan umum desa maupun kelurahan.

Yakni Desa Kaliamok dan Kuala Lapang (Malinau), kemudian Semengaris (Nunukan), serta kelurahan Juata Laut, kelurahan Kampung Enam, Karang Balik, dan kelurahan Mamburungan di Kota Tarakan.

“Untuk mengembangkan perpustakaan di tempat mereka, kadang orang tidak tertarik ke perpustakaan karena membosankan,” ungkapnya.

Melalui Bimtek SPP-TIK ini juga, lanjutnya, bertujuan untuk memperkuat kemampuan pengelola perpustakaan dalam mengevaluasi pilihan kebijakan dan implementasi kebijakan program TPBIS secara efektif.(adv)

Reporter: Ike Julianti

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *