Bersama Warga, PT PRI Kembali Perbaiki Jalan di Aki Pingka dan Bengawan

TARAKAN – Kepedulian PT Phoenix Resources International (PRI) pada kondisi infrastruktur jalan di wilayah Kelurahan Juata Permai Kecamatan Tarakan Utara sangat tinggi. Khususnya Jalan Aki Pingka dan Sei Bengawan Indah.

Selama 2023, PRI telah melakukan perbaikan dan pemeliharaan (maintenance) Jalan Aki Pingka dan Jalan Sei Bengawan Indah secara bertahap. Pengerjaannya berupa tambal sulam jalan yang berlubang, yang dilakukan secara gotong royong bersama warga, Ketua RT, pihak kelurahan dan aparat keamanan setempat.

Hal ini dilakukan agar transportasi masyarakat menjadi lancar. Sebetulnya, pemeliharaan jalan sudah dimulai pada Juni lalu. Beberapa titik jalan yang berlubang di sepanjang Jalan Aki Pingka jadi perhatian PRI untuk diperbaiki. Begitu juga di sepanjang Jalan Sei Bengawan Indah.

Terbaru, maintenance Jalan Aki Pingka dan Sei Bengawan Indah dilakukan pada 18 November lalu bersama Ketua RT 2 dan Ketua RT 18 beserta warga setempat. Dalam pengerjaan penambalan jalan ini, PRI menurunkan alat berat berupa backhoe loader dan satu unit truk semen molen, sebagai pengaduk semen dan batu koral.

Baca Juga :  15 Karhutla Melanda Tarakan, BPBD Sebut Bencana Hidrometeorologi

Selain itu, juga disediakan satu unit mobil truk pengangkut tanah dan sejumlah pekerja, seperti operator, koordinator lapangan, dan pekerja, termasuk konsumsi. “Kegiatan ini merupakan bentuk kepeduliaan perusahaan terhadap kondisi jalan-jalan yang ada di Juata Permai, khususnya Jalan Aki Pingka dan Jalan Sei Bengawan,” kata Eko Wahyudi, Humas PT PRI.

Menurut Eko, dengan melakukan tambal sulam jalan-jalan yang berlubang, setidaknya bisa memperlancar lalulintas dan meminimalisir kecelakaan. “Di bulan Desember ini rencananya kita lanjutkan lagi memperbaiki Jalan Aki Pingka di sisi kirinya, termasuk Jalan Bengawan yang berlubang. Begitu juga jalan di Perumahan PNS rencananya akan kita perbaiki pula secara bertahap,” tuturnya.

Baca Juga :  Pemkot Bakal Alokasikan Rp 10 Miliar untuk PJU di Tarakan

Mewakili warganya, Ketua RT 2 Juata Permai, Imam Jaelani yang selalu ikut serta dalam perbaikan jalan tersebut mengaku senang dan bangga atas kepedulian PRI terhadap kondisi jalan-jalan yang tak bersahabat di Aki Pingka.

“PT Phoenix ini sangat baik kepada warga di sekitar, karena selalu peduli terhadap lingkungan sekitarnya, terutama soal kondisi jalan. Bahkan masalah sosial, kesehatan dan lainnya PRI selalu punya andil. Semoga komitmen perusahaan PT Phoenix yang sudah bagus ini terus dipertahankan dan ditingkatkan,” kata Imam Jaelani.

Ia menambahkan kerusakan Jalan Aki Pingka sudah terjadi sekitar enam tahun lalu. Bahkan sebelum hadirnya PRI di daerah tersebut. “Penyebab rusaknya Jalan Aki Pingka ini karena tidak adanya drainase di sisi kiri maupun kanan jalan. Jadi kalau setiap hujan, air menjadi tergenang di badan jalan dan akhirnya meresap ke dalam,” ungkapnya.

Baca Juga :  Basarnas Maksimalkan Penggunaan RIB saat Operasi SAR di Hilir Sungai

Imam juga mengatakan setelah diaspal sekira 10 tahun lalu oleh pemerintah daerah melalui dinas terkait, jalan milik Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara tersebut tak pernah lagi disentuh untuk dilakukan perbaikan maupun pemeliharaan.

“Perbaikan yang dilakukan langsung oleh pemerintah sih tidak pernah, kecuali dari perusahaan, terutama dari PRI yang lebih intens belakangan ini. Harapan kami untuk mengurangi kerusakan jalan lagi, dibuatkan drainasenya. Terserah dari mana saja yang melakukannya,” pungkasnya.(adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *