Dukung Penanganan Stunting, 10 KK di Desa Paking Malinau Belum Punya MCK

benuanta.co.id, MALINAU – Kecamatan Mentarang menjadi salah satu kecamatan yang masuk dalam daftar lokus wilayah stunting Kabupaten Malinau tahun 2023.

Rinciannya, terdapat dua desa dalam kecamatan tersebut yakni Desa Harapan Maju dan Desa Paking. Di desa Paking sendiri yang menjadi faktor angka stunting cukup tinggi yakni pola makan masyarakat desa yang gizinya belum terpenuhi.

Selain itu terdapat 10 kepala keluarga yang hingga saat ini belum memiliki MCK, sehingga masyarakat tersebut masih menumpang ke tempat lain.

Nanding Dawat selaku Kepada Desa Paking mengungkapkan telah mendapatkan laporan 10 kepala keluarga yang belum mempunyai MCK tersebut dan akan masuk pembahasan musrembang di tahun depan.

“Untuk 10 kelompok keluarga ini saya dapat laporannya di bulan Agustus kemarin sehingga tidak bisa masuk di pembahasan musrembang tahun ini karena musrembang telah selesai, tapi itu telah masuk ke pembahasan tahun depan,” katanya.

Pemerintah desa juga telah berkomitmen dalam menangani angka penurunan stunting sesuai dengan regulasi yang di sampaikan oleh pemerintah Kabupaten Malinau.

“Dalam penanganan stunting ini kami upayakan 2024 kalau bisa turun dan kami telah menggelontorkan dana desa untuk membeli alat timbang bayi,” ujarnya.

Kurangnya pemahaman masyarakat desa terhadap stunting membuat aparat desa bekerja lebih ekstra dalam memberikan edukasi dan pemahaman terhadap masyarakat Desa Paking.

“Pemahaman masyarakat khususnya di Desa Paking menganggap sunting itu ciri-cirinya hanya kecil pendek padahal bukan hanya disitu tapi dilihat dari pola makan, gaya hidup dan akses air minum juga sanitasi,” tukasnya.(*)

Reporter: Ratih

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *