Jaga Keamanan Pelaksanaan Pemilu, 175 Personel Polres Malinau Disiagakan

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Menjelang dimulainya tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 mendatang, Kepolisian Resor (Polres) Malinau melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Kayan 2023-2024 yang berlangsung di Lapangan Apel Mapolres Malinau.

Digelarnya Operasi Mantap Brata Kayan 2023-2024 ini dimaksudkan untuk mempersiapkan mental dan fisik personel dalam mengamankan tahapan-tahapan Pemilu serentak 2024.

Kapolres Malinau AKBP Heru Eko Wibowo mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya yang dilakukan oleh Kepolisian Republik Indonesia (Polri) guna memastikan keamanan dan kelancaran jalannya proses Demokrasi Pemilihan Presiden dan Pemilihan Anggota Legislatif Tahun 2024.

“Dalam persiapannya sendiri, kami dari Polres Malinau melibatkan atau menerjunkan duapertiga atau kurang lebih sekitar 175 personel. Kemudian kita juga telah melakukan latihan dan pembekalan Pra Operasi terkait Pemilu, baik itu dari Dalmas dan pengamanan TPS,” kata Kapolres yang akrab disapa Heru pada Kamis, 19 Oktober 2023.

Agar semua proses tahapan Pemilu ini nantinya juga dapat berjalan aman dan kondusif, polisi berpangkat AKBP itu juga menghimbau masyarakat agar dapat memahami pentingnya penguatan strategi komunikasi publik menjelang pelaksanaan Pemilu 2024. Masyarakat diminta untuk tidak terpengaruh oleh isu-isu yang berkembang dan diharapkan memverifikasi dahulu informasi yang beredar di Media Sosial (Medsos), karena berdasarkan analisa sebaran informasi merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kondusifitas daerah.

“Semua komponen diharapkan bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban demi suksesnya Pemilu 2024. Kami berharap masyarakat tidak terpengaruh oleh isu-isu yang beredar di Medsos, sebelum menyebarluaskan tentunya di teliti dan di saring terlebih dahulu kebenarannya. Kami mengajak seluruh komponen untuk berpartisipasi penuh demi kesuksesan Pemilu 2024 nanti,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPU Malinau Lasinias, S.E., M.M., mengatakan bahwa pihaknya sebelumnya juga telah melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Polres Malinau dalam mensukseskan Pemilu 2024 mendatang sekaligus membahas tahapan apa-apa saja yang dilakukan pada saat menggelar Rakor pada beberapa waktu yang lalu.

“Dari KPU Malinau kami menyambut baik persiapan yang telah dibuat oleh Polres Malinau dalam rangka Pemilu 2024 ini nanti, semoga daerah kita aman dan lancar menghadapi Pemilu yang di adakan secara serentak di seluruh Indonesia,” ungkap Lasinias.

Tak hanya itu, hal yang sama juga diungkapkan oleh Ketua Bawaslu Malinau Donny, S.Th., M.H., saat memberikan keterangan usai mengikuti rangkaian Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Kayan 2023-2024 di Polres Malinau pagi ini terkait persiapan pihak Kepolisian dalam mengamankan dan mensukseskan Pemilu 2024 mendatang.

“Tentunya kita sangat mengapresiasi langkah yang telah dilakukan oleh Polri, khususnya Polres Malinau untuk mengantisipasi terkait dengan kesiapan Pemilu 2024 mendatang, kita tahu bahwa Pemilu kali ini Pemilu yang terbesar dan yang terberat, oleh karena itu semua pihak harus bersinergi untuk mensukseskan Pemilu tahun 2024,” tutup Donny.(*)

Reporter: Osarade

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *