Pemda Dukung Kegiatan Pekan Pemuda Pelajar KNPI Nunukan

benuanta.co.id, NUNUKAN – Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Kabupaten Nunukan, Abdul Halid membuka kegiatan pekan pemuda pelajar Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) di Gedung Olah Raga Dwikora Nunukan, Kamis, 15 Juni 2023.

Ketua panitia Aswar mengatakan, kegiatan yang dilombakan mencakupup kategori pelajar SMA di antaranya vollyball putra dan putri, basketball kategori umum, billiar pemula kategori umum dan pelajar, futsal kategori open Kaltara dan kategori pelajar. Adapun sumber anggaran kegiatan ini dari anggaran yang dimiliki KNPI.

“Kita ikut berpartisipasi dalam kegiatan pekan pemuda pelajar KNPI tahun 2023, akan bertanding mulai tanggal 15 Juni – 26 Juni 2023 yang bertempat di lapangan gedung olahraga Sei Bilal Nunukan,” jelasnya.

Abdul Halid mengapresiasi KNPI Nunukan karena telah menyelenggarakan kegiatan pekan pemuda pelajar. Pemerintah Kabupaten Nunukan sangat mendukung kegiatan tersebut dalam rangka mewujudkan cita-cita bersama menuju generasi Indonesia emas pada tahun 2045 mendatang.

Lanjut dia, Indonesia akan mengalami usia emas pada tahun 2045. Pada saat itu, indonesia genap berusia 100 tahun alias satu abad. Di masa itu, ditargetkan indonesia sudah menjadi negara maju dan sejajar dengan negara adidaya. momentum bersejarah tersebut memang masih sekitar seperempat abad lagi. Namun untuk mewujudkannya butuh persiapan yang matang sejak jauh-jauh hari. Sumber daya manusia indonesia harus unggul, berkualitas, dan memiliki karakter.

“Saya tertarik dengan tema kegiatan ini, yakni mewujudkan pemuda pelajar unggul menuju indonesia emas 2045,” kata Halid.

Apa lagi saat ini generasi muda adalah sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang akan membawa dan menentukan kemajuan Indonesia termasuk di Kabupaten Nunukan di masa depan.

SDM yang paling penting bukan hanya bagaimana mendapatkan sekolah atau pendidikan yang baik, akan tetapi bagaimana mereka bisa menjadi manusia yang berbudi luhur, mempunyai berwatak yang jujur, bermental baik, menghargai perbedaan, memiliki cara berfikir yang inovatif, transformatif dan mempunyai kemandirian atau keterampilan.

Dia berharap nantinya bisa melanjutkan sehingga cita-cita indonesia emas itu bisa tercapai. salah satu peran nyata yang dapat diberikan oleh para generasi muda memberi inspirasi kepada generasi muda lainnya untuk dapat belajar dan berkarya sebaik mungkin.

Peran KNPI sebagai organisasi kepemudaan harus bisa memberikan dorongan dan semangat kepada generasi muda utamanya pelajar agar dapat belajar dan berkarya sebaik mungkin.

“Kami berharap kegiatan ini mampu meningkatkan sumber daya manusia, khususnya pemuda pelajar di Kabupaten Nunukan menjadi generasi muda yang berkarakter dan dapat menjadi teladan bagi pemuda pelajar lainnya, sehingga mampu mencetak SDM yang unggul secara akademis memiliki mental dan kepribadian yang berkarakter kuat,” pungkasnya.(*)

Reporter: Darmawan

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2902 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *