Pelatihan Keamanan Pangan bagi Pelaku UKM di Malinau

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Disperindagkop) dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) kembali melaksanakan kegiatan pelatihan keamanan pangan dan sosialisasi bagi pelaku UKM di Kabupaten Malinau.

Kepala Seksi (Kasi) Bina Lembaga Koperasi dan UKM Restrukturisasi dan Pengawasan Disperindagkop Kaltara Ruth Ujang menjelaskan, ada dua kegiatan yang telah berlangsung di Malinau.

“Kegiatannya ada dua. Pertama ada kegiatan sosialisasi pembiayaan KUR oleh tim KPPN dari Tanjung Selor. Kedua ada kegiatan pelatihan penyuluhan keamanan pangan oleh Dinkes Kaltara,” ungkapnya, Kamis (15/6/2023).

Baca Juga :  Disdikbud Kaltara Pastikan Tahun Ini PPDB Berjalan Lancar

Total 70 peserta turut berpartisipasi pada kegiatan pelatihan dan sosialisasi yang diadakan Disperindagkop Kaltara di Malinau.

“Total 70 peserta turut berpartisipasi pada kegiatan pelatihan penyuluhan keamanan pangan dan KUR. Ada pula Bupati Malinau secara simbolis membuka kegiatan tersebut,” ujarnya.

Adapun kegiatan yang telah berlangsung mulai tanggal 13-15 Juni ini setiap per materi diadakan post tes dan pre tes bagi para pelaku UKM di Malinau.

Baca Juga :  Disdikbud Kaltara Pastikan Tahun Ini PPDB Berjalan Lancar

“Ada pro tes dan pos tesnya. Jika lulus dan memenuhi syarat seleksi keamanan pangan tentunya bakal memenuhi persyaratan PIRT,” ucapnya.

Kendati demikian, Ruth berharap para pelaku UKM yang telah mengikuti pelatihan keamanan pangan mampu menghasilkan produk yang terjaga kualitasnya.

“Ya harapan kami para pelaku UKM di Malinau setelah mengikuti pelatihan. Pelaku UKM sudah siap dengan kualitas, kemasan, higienisnya dan mereka mendapatkan sertifikasi PIRT dan mereka bisa memasarkan produk mereka ke swalayan bahkan bisa masuk etalase bandara atau sudah siap dijual keluar,” pungkasnya.(*)

Baca Juga :  Disdikbud Kaltara Pastikan Tahun Ini PPDB Berjalan Lancar

Reporter: Georgie Silalahi

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2115 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *