Bupati Laura Ajak Masyarakat Peduli Terhadap Lingkungan

benuanta.co.id, NUNUKAN – PT Pertamina EP Tarakan Field (PEP Tarakan) yang merupakan bagian dari Subholding Upstream Pertamina Regional Kalimantan Zona 10, mengadakan kegiatan Coastal Clean Up, di kelurahan Tanjung Harapan, Kecamatan Nunuka Selatan.

Kegitan itu, dihadiri Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid , dalam aksi nasional memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS) yang melibatkan pemangku kepentingan di seluruh wilayah Indonesia, termasuk di Kalimantan Utara (Kaltara), Kabupaten Nunukan, pada 10 juni 2023.

Kata Laura, atas nama pemerintah Kabupaten Nunukan, dia menyampaikan aspirasi kepada  PT Pertamina EP Tarakan Field beserta jajarannya atas kontribusinya sebagai perusahaan yang peduli terhadap lingkungan dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Nunukan.

“Saya berharap acara ini dapat bermanfaat, terutama bagi masyarakat di kampung mamolo khususnya bagi kita masyarakat Kabupaten Nunukan,” kata Lauara.

Sebagai aksi nyata kepedulian, untuk mengendalikan pencemaran pesisir dan laut dari sampah laut dari sumber pencemaran lainnya, maka kegiatan coastal clean up di pesisir mamolo kelurahan tanjung harapan, sangat bermanfaat bisa mengurangi sampah-sampah botol platik.

Keluraha Tanjung Harapan yang saat ini sebagai penghasil rumput laut terbesar di Nunukan, namun sayangnya kondisi lingkungan sekitar yang tidak sesuai dengan gelar kelurahan penghasil rumput laut itu, yang seharusnya ditunjang dengan wajah kelurahan bersih, makmur dan sejahtera.

Sampah yang menggunung dan terbiarkan yang menjadi nilai minus bagi sebuah Desa atau Kelurahan ikon perekonomian di Kabupaten Nunukan. Bagaimana pun, lautan harus tetap dijaga, jika lautan bersih, masyarakat bekerja lebih tenang. Pembudidaya rumput laut maupun nelayan akan menuai hasil lebih maksimal.

“Kita tahu bahwa sampah plastik merupakan isu terbesar yang telah mencemari hampir di segala sektor ekologi kita,” jelasnya.

Selain Itu, Sekretaris DLH Kabupaten Nunukan, Fredy Gromiko, mengatakan

sampah botol plastik yang terkumpul sebanyak 9,5 ton, ini merupakan upaya pengurangan sampah, dan penanganan karena diharapkan pada tahun 2025 di Nunukan sudah melakukan pengurangan sampah sebesar 30 persen dari sampah plastik yang dihasilkan.

“Kita mendorong mengajak masyarakat untuk lebeh peduli terhadap kebersihan dan kelestarian lautnya,” terangnya. (*)

Reporter: Darmawan

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2878 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *