Festival Layang-layang Hias di Sebatik Digelar Meriah

benuanta.co.id, NUNUKAN –  Staf Kesra dan SDM Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nunukan H. Junaidi membuka festival layang-layang hias di Pantai Kayu Angin, Sebatik pada Sabtu, 27 Mei 2023.

Festival layang-layang hias kayu angin ini berlangsung satu hari penuh. Seluruh peserta lomba akan menerbangkan layang-layang mereka tepat di depan anjungan Pantai Kayu Angin, Desa Tanjung Karang.

Dikatakan H. Junaidi, Pantai Kayu Angin ini merupakan objek kebanggaan masyarakat di Kabupaten Nunukan untuk berolahraga sekaligus menyaksikan laying-layang hias.

Dia berharap, kegiatan itu bisa mempererat jalinan silaturahmi, sekaligus bisa melestarikan permainan tradisional yang saat ini mulai banyak dilupakan oleh masyarakat.

“Selama ini, kita tidak menyadari bahwa laying-layang merupakan salah satu jenis olahraga tradisional yang berada di bawah binaan KORMI atau komite olah raga masyarakat indonesia,” kata H. Junaidi.

Selain laying-layang, berbagai jenis permainan tradisional seperti egrang, gasing, tarik tambang dan beberapa jenis permainan tradisional juga berada di bawah naungan KORMI.

Dengan menggelar event-event semacam ini, harapannya semua jenis permainan tradisional yang pernah ada di tengah masyarakat Nunukan bisa tetap terpelihara dengan baik.

Sementara itu, Ketua KORMI Nunukan Andi Muhammad Akbar juga menyampaikan, kegiatan ini digagas oleh Perkumpulan Pelayang Indonesia (Pelangi) Nunukan.

“Semangat olahraga di Sebatik selalu terjaga sejak dulu. Masyarakatnya penuh antusias,” kata Andi Muhammad Akbar.

Menurutnya perlu membudayakan dan melestarikan layang-layang yang ada di Kabupaten Nunukan. Andi meyakini, olahraga tradisional ini dapat membangkitkan semangat kebersamaan dan kekompakan sebagai sesama aparatur pemerintah dan masyarakat.

“Setiap ada momen mengikutsertakan cabang olahraga tradisional baik itu, seperti layang-layang, tarik tambang, bakiak maupun cabang lainnya,” jelasnya.

Dengan begitu masyarakat maupun pemerintah turut serta menjaga dan melestarikan cabang olahraga tradisional yang sekarang mulai tergusur oleh permainan elektronik atau di smartphone. (*)

Reporter: Darmawan

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1923 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *