Curah Hujan Tinggi, Harap Waspada, Ini Titik Rawan Banjir dan Longsor di Tarakan

benuanta.co.id, TARAKAN – Cuaca buruk yang belakangan ini terjadi mengakibatkan terjadinya banjir dan tanah longsor di sejumlah titik di Kota Tarakan pada Jumat, 26 Mei 2023.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tarakan menyampaikan informasi beberapa titik rawan bencana banjir dan tanah longsor untuk menghindari adanya korban.

“Sebengkok itu termasuk, Karang Anyar, Kampung satu, Karang Balik Markoni ini daerah-daerah titik-titik rawan banjir. Kalau untuk longsor Karang Anyar, Kampung Satu, Sebengkok, Karang Balik, Gunung Lingkas, Pamusian ini termasuk daerah titik tanah longsor,” jelas Yonsep, Kepala BPBD Tarakan, Jumat (26/5/2023)

Baca Juga :  Pertanyakan Pembiaran Bongkar Muat, Ratusan TKBM Seruduk Kantor KSOP Tarakan

Hingga saat ini pihaknya sudah mendapatkan informasi 13 titik yang mengalami bencana tanah longsor yang disebabkan oleh hujan lebat pada malam hari tadi.

Ia juga mengimbau masyarakat untuk tetap berhati-hati terhadap curah hujan hingga tanggal 28 Mei 2023 mendatang karena cuaca di Kota Tarakan tidak stabil.

“Untuk masyarakat tetap berhati-hati dengan surat-surat atau harta berharga, kami himbau masyarakat untuk menyediakan tempat aman untuk menyimpan benda-benda tersebut,” ungkapnya

Baca Juga :  Siklon Tropis Terdeteksi di Laut Filipina, BMKG Tarakan Beberkan Dampaknya

Tambahnya, untuk masyarakat yang tinggal daerah atau titik-titik yang rawan bencana yang telah disebutkan untuk beberapa hari ke depan bisa mengungsi ke tempat keluarga atau tetangga yang tinggal di daerah aman ketika terjadi curah hujan tinggi.

“Kami tetap sigap sesuai dengan kapasitas kami untuk melayani masyarakat, itu adalah tanggung jawab dan kewajiban kami sebagai pelayan masyarakat,” pungkasnya.(*)

Baca Juga :  Bulog Beberkan Adanya Relaksasi Kenaikan Harga Beras

Reporter: Sunny Celine

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2878 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *