Usai Dilantik Kepala Kampung Giring-Giring Tancap Gas, Masalah Sampah Atensi Utama

benuanta.co.id, BERAU – Usai dilantik Bupati Berau, Sri Juniarsih, Jumat (19/5/2023) lalu Kepala Kampung (Kakam) Giring-Giring Sarlina fokus melanjutkan program pembangunan di kampungnya.

Sarlina mengatakan selaman ia menjabat sektor sampah bakal menjadi atensi khusus sebab daerahnya saat ini pun tengah berkembang menjadi destinasi wisata.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2128 votes

“Terkait permasalahan sampah belum ada solusi namun ia akan mengupayakan untuk penyelesaian masalah sampah ini. Karena permasalahan sampah di kecamatan biduk-biduk belum dapat teratasi dari hulu hingga hilir, oleh karena itu, saya berupaya untuk menyelesaikan permasalah sampah ini,” ucapnya, Ahad (21/5/2023).

Ia pun berencana untuk mengadakan bank sampah di kampung yang dimana akan menjadi evaluasi untuk kampung kedepannya.

“Tentunya kita sudah diskusikan dengan sigap untuk nantinya diadakan bank sampah atau tidak dan tentunya kami akan belajar dengan kampung lain yang sudah mendirikan bank sampah, dan akan menjadi evaluasi untuk Kampung kami nanti,” tuturnya.

Lebih lanjut, Sarlina pun mengatakan bakal fokus terkait permasalahan sampah yang belum mendapatkan solusi hingga saat ini.

“Saya akan menyelesaikan permasalahan bagaimana mengangkut sampah dari rumah warga menuju TPA, dan semoga kami siap secara pendanaan,” ujarnya.

Sebab menurutnya hingga kini belum ada Tempat Pembuangan Sementara (TPS) atau Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah yang representatif.

“TPS belum ada untuk saat ini dan TPA juga belum pasti bisa dipakai atau tidak, dan kemarin telah mendapatkan titiknya tetapi yang mempunyai tanah tidak jadi menghibahkan dan rencana akan dipindahkan lagi,” lanjutnya.

Termasuk pihaknya pun mengatakan bahwasanya belum ada kerjasama dengan pihak ketiga terkait permasalahan sampah ini.

“Saat ini belum ada kerjasama dengan pihak ketiga, oleh karena itu kami belum dapat mengambil tindakan untuk permasalahan ini,” pungkasnya.(*)

Reporter: Georgie Silalahi

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *