1.000 Titik Rampung, Pemkab Berau Kembali Lanjutkan Program WiFi Gratis 

benuanta.co.id, BERAU – Setelah WiFi 1.000 titik, kini Pemkab Berau kembali melanjutkan program WiFi gratis di wilayah yang belum terakses internet. Kali ini, Pemkab Berau akan memasang 500 titik WiFi gratis.

“Saya melihat masih banyak kelurahan dan Kampung yang membutuhkan tambahan wifi gratis, jadi saya instruksikan Diskominfo untuk menambah lagi sebanyak 500 titik wifi gratis tersebut,” terang Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas Jumat (23/2/2024).

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Didi Rahmadi menambahkan berdasarkan instruksi Bupati akan melakukan hal tersebut, dengan catat pihak pemerintah kecamatan atau kampung melakukan usulan ke Diskominfo Berau.

“Target kita selesai, bahkan sampai 1.005 titik wifi gratis yang terpasang. Kita akan melakukan pemasangan lagi berdasarkan usulan dari pemerintah kecamatan, kampung atau masyarakat,” ungkapnya Jumat (23/2/2024).

Lebih lanjut kata dia, setelah ada usulan dari kampung, dirinya akan melakukan survey dan menentukan apakah memungkinkan serta menentukan tahapan internet yang dapat terhubung di lokasinya nanti.

“Kita akan survey, apakah nanti pke Fiber Optic (FO), radio atau v-sat,” ujarnya.

Didi juga menyampaikan, terkait adanya jaringan internet yang kurang cepat, perbaikan berkala dan simulasi sudah terlebih dahulu dilakukan saat pemasangan wifi.

“Kendala yang terjadi hingga hal itu terjadi biasanya dikarenakan pengguna yang melebihi batas,” tuturnya.

“3-5 Mbps itu seharusnya cukup, tapi jika digunakan untuk Youtube dan penggunaan lebih dari 20 orang tentunya tidak tercover,” tambahnya kepada benuanta.co.id.

Ia akui hingga saat ini sudah menerima sebanyak 31 usulan pemasangan wifi gratis dan tidak menutup kemungkinan akan terus bertambah.

“Ini sesuai keinginan Bupati untuk bisa menambah di daerah yang membutuhkan lebih wifi gratis tersebut,” bebernya.

Lebih lanjut, kata dia soal anggaran yang dikucurkan untuk pembiayaan wifi gratis 1.005 titik tersebut sebesar Rp 10,2 Miliar untuk satu tahun.

“Anggaran yang digelontorkan tentunya akan terus bertambah seiring bertambahnya jumlah titik wifi yang terpasang,” bebernya.

Kendati demikian dirinya berharap, pemasangan wifi gratis yang akan terlaksana ialah pemasangan FO.

“Pasalnya, biaya yang dikeluarkan tentunya lebih murah dibandingkan radio atau V-sat,” pungkasnya. (*)

Reporter: Georgie

Editor: Nicky Saputra 

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2944 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *