Waspada Overload Penumpang, Polres Malinau Pantau Aktivitas Speedboat di Pelabuhan

benuanta.co.id, MALINAU – Cegah terjadinya kecelakaan laut jajaran Polres Malinau sambangi beberapa pelabuhan yang ada di Kabupaten Malinau. Tujuannya yakni untuk memantau aktivitas angkutan speedboat dan angkutan laut lainnya, agar tidak melanggar peraturan saat mengambil penumpang.

Kapolres Malinau AKBP Andreas Deddy Wijaya, S.I.K., melalui Wakapolres Malinau KOMPOL Lafrin Tambunan, S.H., mengatakan hal ini dilakukan, sebagai pengingat para motoris speedboat agar tidak mencoba mengambil penumpang yang melebihin kapastitas dari speedboat.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1590 votes

“Jelang bulan puasa, biasanya aktivitas pelabuhan khususnya angkutan speedboat mengalami peningkatan jumlah penumpang. Sedangkan jumlah speedboat sendiri di Malinau terbatas, oleh karena itu kita melakukan pemantauan ini agar speedboad tetap berjalan sesuai aturan batas kapasitas angkut,” kata Wakapolres Malinau, Ahad 12 Maret 2023.

Dalam penerapan pengambilan penumpang. Wakapolres menjelaskan, setiap speedboat harus memperkirakan beban angkut dengan kapasitas speedboat. Kapasitas angkut tidak hanya dihitung dengan jumlah penumpang, tapi juga dilakukan dengan menghitung beban barang yang dibawa.

“Kalau kapasitasnya 22 penumpang, maka liat juga kapasitas bebang barangnya. Jadi jangan sampai penumpangnya sudah terisi 22 orang, speedboatnya tetap dibebankan dengan barang yang sangat banyak. Itu sama saja dengan sengaja membiarkan speedboat dalam keadaan overload,” ujarnya.

Tak hanya itu, ia juga memberikan imbauan kepada motoris dan para penumpang speedboat untuk selalu menggunakan jaket pelampung. Termasuk mengingatkan para motoris speedboat untuk selalu berhati-hati dan tetap menggutamakan keselamatan penumpang pada saat mengunakan transportasi air.

“Masyarakat sekitar cukup antusias, kami juga memberikan himbauan kepada motoris speed boat agar tidak melebihi kapasitas penumpang sewajarnya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” imbuhnya.

Dalam kesempatan ini, Polres juga memastikan jika situasi Kamtibmas di sekitaran pelabuhan masih terpantau aman dan tidak menemukan adanya keluhan dari masyarakat sekitar, terkait adanya aktivitas kriminal.

“Kita harapkan seterusnya tetap aman. Adapun yang dikeluhkan oleh masyarakat saat ini ialah hanya harga tiket speedboat yang dirasa terlalu mahal, akibat dampak dari kenaikan harga BBM,” pungkasnya. (*)

Reporter : Osarade

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *