Ciptakan Lingkungan Sehat, Pemdes Tideng Pale Buat Bak Sampah untuk Warganya

benuanta.co.id, TANA TIDUNG – Terapkan program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tana Tidung “KTT Bersih”, Pemerintah Desa (Pemdes) Tideng Pale sebarkan bak sampah setiap RT.

Dengan harapan memudahkan masyarakat dalam membuang sampah dan menjaga kebersihan lingkungan.

“Selama ini sebagian warga kita yang tinggal di dalam gang sempit sangat kesulitan dalam membuang sampah. Makanya dengan swadaya masyarakat ide ini kita terapkan dengan harapan tidak ada lagi pembakaran sampah secara asal-asalan,” ungkap Kades Tideng Pale, Riahadi, Senin, 30 Januari 2023.

Ia mengungkapkan selama ini volume sampah di Tideng Pale semakin meningkat setiap waktunya, hal ini juga yang diduga menjadi penyebab terjadinya wabah DBD di Tideng Pale.

Sehingga dengan adanya bak sampah yang bakal disebar ini, nantinya dapat mempermudah masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

“Jika Lingkungannya sehat maka otomatis kehidupan di sekitar lingkungan itu juga akan sehat. Apalagi selain dapat mengurangi wabah DBD adanya bak sampah ini juga dapat menurunkan polusi akibat pembakaran sampah yang dilakukan oleh masyarakat,” terangnya.

Tidak hanya menyebarkan bak sampah, dalam mengatasi wabah DBD Pemdes Tideng Pale sebelumnya juga melakukan penyemprotan fogging secara mandiri.

Pasalnya, sejak wabah DBD ini menyerang KTT, Desa Tideng Pale menjadi salah satu desa dengan jumlah pasien DBD terbanyak di KTT.

“Kalau hitungannya Desa justru kita hanya sedikit, tapi jika dihitung per kecamatan. Maka Kecamatan Sesayap ini menjadi salah satu yang terbanyak setelah Kecamatan Sesayap Hilir,” bebernya lagi.

“Sebagai langkah antisipasi, kita melakukan penyemprotan fogging secara mandiri dan menyebar bak sampah berukuran besar di setiap RT,” pungkasnya.(*)

Reporter: Osarade

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2854 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *