Pemkot Segera Bentuk Pansel Isi Jabatan Kosong

benuanta.co.id, TARAKAN – Pensiunnya Kepala Dinas Pendidikan Kota Tarakan, Drs. Tajuddin Tuwo membuat pemerintah kota harus menyediakan pengganti pelaksana tugas sementara.

Wali Kota Tarakan, dr. Khairul, M.Kes mengungkapkan dalam hal ini penyusunan panitia seleksi (pansel) untuk pergantian jabatan tersebut juga akan digelar.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1590 votes

“Pansel ini butuh waktu. APBD kita belum selesai DPA-nya. Jadi, nanti selesai baru di Pansel kemudian job fit,” ungkapnya, Rabu (12/1/2022).

Dilanjutkan Khairul, setelahnya akan dilakukan perputaran kemudian lelang jabatan. Sehingga dalam hal ini terdapat dua tahap dalam penentuan kepala dinas definitif.

“Biasanya kami job fit, yang senior bergeser. Kemudian yang kosong di pansel,” katanya.

Tidak hanya jabatan Kepala Dinas Pendidikan namun beberapa dinas tercatat juga memiliki kepala yang sebentar lagi akan memasuki masa pensiun.

Kekosongan jabatan Kadisdik Tarakan dikatakan Khairul harus diisi oleh calon yang benar mengerti tentang manajemen pendidikan. Sebab itu lebih baik menurut Khairul jabatan Kadisdik diisi oleh seseorang dengan lulusan bidang pendidikan.

“Eselon 2 ini sudah lebih banyak manajemen. Tapi lebih bagus lagi kalau orang pendidikan. Nah inilah pentingnya pencarian kompetensi, yang penting menguasai teknis karena itulah yang akan mendukung posisi kepala dinas,” ujarnya.

Menyoal pelaksanaan pembentukan pansel dikatakan Khairul akan dilakukan secepatnya, namun DPA dan asistensi harus selesai lebih dulu. Sebab ini berkaitan dengan anggaran, apalagi pansel biasanya menggunakan akademisi dari luar.

“Secepatnya. Kan sudah ada Plt, biarlah jalan dulu,” tutupnya. (*)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *