oleh

Musrenbang RPJMD 2021-2026 Kaltara, Wabup Malinau Angkat Isu Lingkungan Hidup

MALINAU – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malinau mengikuti Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026 Provinsi Kaltara secara daring.

Musrenbang RPJMD 2021-2026 Provinsi Kaltara yang mengusung teman Terwujudnya Provinsi Kalimantan Utara Yang Berubah, Maju Dan Sejahtera, diikuti
oleh Wakil Bupati Malinau, Jakaria,.SE,.M.Si di ruang Laga Feratu Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malinau pada Senin, 15 Juni 2021.

Dalam kegiatan itu Jakaria menyampaikan masukan yang berhubungan dengan pembangunan jangka menengah daerah kepada pemerintah provinsi.

“Kebutuhan Kabupaten Malinau tentang peningkatan kualitas lingkungan hidup ini sangat besar. Selain itu, wilayah Kabupaten Malinau juga merupakan wilayah terluas yang dimiliki oleh Kaltara yaitu lebih dari 50% dari wilayah Kaltara,” kata Jakaria.

Menurut Jakaria, isu ini juga bisa berdampak pada normalisasi alur sungai-sungai yang ada seperti Sungai Sesayap, Sungai Malinau dan Sungai Mentarang yang terhubung dengan 2 kabupaten yaitu Kabupaten Tana Tidung dan Kabupaten Malinau.

“Karena ini selalu menjadi tren di Malinau bahwa alur sungai ini tidak pernah dibersihkan apalagi kondisi sekarang ketika terjadi banjir di hulu. Maka mengakibatkan sungai-sungai lainnya menjadi banyak sampah limbah kayu. Ini berbahaya sekali untuk alur sungai yang menghubungkan beberapa kabupaten yang ada di sekitar Kalimantan Utara,” ungkapnya.

“Jadi tentu isu ini perlu kita angkat mengingat, sungai-sungai di Malinau juga menjadi kebutuhan tersendiri bagi pihak-pihak perusahaan swasta yang ada di Malinau,” pungkasnya.

Di akhir penyampaiannya, Jakaria sangat berharap agar Pemerintah Provinsi Kaltara menjadikan isu lingkungan hidup sebagai salah satu program prioritas jangka menengah pembangunan daerah khususnya untuk wilayah Malinau.

“Saya rasa pak Wakil Gubernur, juga sangat paham dengan situasi lingkungan Malinau dan tentu kita berharap isu ini menjadi salah satu program prioritas Pemerintah Provinsi nantinya,” tutupnya. (*)

Reporter  : Osarade
Editor : Nicky Saputra

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *