Lantik Dewan Pendidikan, Ibrahim Ali Pesan Jadikan Sarana Pengabdian, Bukan Wadah Mencari Uang

TANA TIDUNG – Bupati Tana Tidung, Ibrahim Ali melantik 5 orang Dewan Pendidikan Kabupaten Tana Tidung (KTT) untuk masa jabatan 2021-2026. Pelantikan dilaksanakan di Ruang Rapat Wakil Bupati Tana Tidung, Selasa, 15 Juni 2021.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Tana Tidung Jafar Sidik menjelaskan, pelantikan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Bupati Tana Tidung Nomor 420/176/K-V/2021.

“Dari 13 orang yang terdaftar menjadi calon Dewan Pendidikan, setelah dilakukan verifikasi dari panitia seleksi, maka panitia menetapkan 5 orang Dewan Pendidikan yang terdiri dari Ketua, sekretaris, bendahara dan anggota,” ungkap Jafar Sidik.

Adapun Dewan Pendidikan yang dilantik yaitu sebagai Ketua Nur Syahadat, M.Ap., Sekretaris Saleh Afif, S.Pd.i., Bendahara Bakri, SH., dan anggota Hengki Tornado, S.Sos., dan Drs. H. Dedy Sulaiman, M.Ap.

Ini adalah periode pertama Dewan Pendidikan di Kabupaten Tana Tidung. Sebab selama 13 tahun Kabupaten Tana Tidung terbentuk, belum ada Dewan Pendidikan. Untuk itu Jafar Sidik berharap Dewan Pendidikan yang telah dilantik dapat aktif dalam membantu penyelenggaraan pendidikan, dan bersinergi dengan pemerintah dalam melaksanakan program KTT Cerdas, sesuai dengan Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Tana Tidung Ibrahim Ali dan Hendrik.

Baca Juga :  Tingkat Hunian Kamar Hotel Berbintang Menurun 58,27 Persen

Untuk diketahui, Dewan Pendidikan memiliki fungsi dalam peningkatan mutu pelayanan pendidikan, dengan memberikan pertimbangan, arahan dan dukungan tenaga, sarana, dan prasarana. Serta pengawasan pendidikan secara mandiri dan profesional termasuk pada level pemerintah kabupaten/kota.

Berkenaan dengan hal tersebut, Dewan Pendidikan bertugas menghimpun, menganalisis, dan memberikan rekomendasi kepada kepala daerah terhadap keluhan, saran, kritik, dan aspirasi masyarakat terhadap pendidikan.

Pembentukan Dewan Pendidikan, kata Jafar Sidik, merupakan wacana dari Bupati Tana Tidung Ibrahim Ali, dalam rangka memajukan pendidikan di Kabupaten Tana Tidung. “Jadi nanti semua bantuan beasiswa tidak lagi dikelola Dinas Pendidikan atau pun Kesra, tetapi dari Dewan pendidikan yang akan kelola bantuan pendidikan atau beasiswa,” ujarnya.

Baca Juga :  Nilai Investasi di Kaltara Selama Tahun 2023 Tercatat Rp 27 Triliun

Sementara itu, Bupati Tana Tidung Ibrahim Ali dalam sambutannya berharap Dewan Pendidikan yang telah dilantik bisa bekerja dengan baik dan amanah, dalam melaksanakan tugas fungsi dan tanggung jawab.

“Saya ingatkan kepada seluruh pengurus agar bisa bekerja dengan baik dan amanah. Jangan jadikan wadah ini sebagai tempat untuk mencari uang, tapi jadikanlah sarana pengabdian untuk daerah, membantu pemerintah memajukan dunia pendidikan di Kabupaten Tana Tidung,” pesan Ibrahim Ali.

Bupati juga berharap kedepan Dewan Pendidikan bisa berkoordinasi dan melibatkan perusahaan yang ada di wilayah kerja Tana Tidung terkait program beasiswa, agar tidak hanya berharap pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Baca Juga :  Pemprov Harapkan Pemimpin Terpilih Bisa Bertanggungjawab dan Amanah

Pembentukan Dewan Pendidikan adalah pertama kalinya dalam sejarah Pemerintah Kabupaten Tana Tidung. Untuk itu Bupati Ibrahim Ali berharap Dewan Pendidikan yang baru saja dibentuk dapat segera melaksanakan tugas dan fungsinya, yaitu mewadahi dan menyalurkan aspirasi dan prakarsa masyarakat dalam melahirkan kebijakan dan program pendidikan.

Serta menciptakan suasana dan kondisi transparan, akintabel, demokratis, dalam penyelenggaraan dan pelayanan pendidikan yang bermutu. “Dewan Pendidikan juga perlu segera melakukan persiapan teknis untuk menjalankan program KTT Cerdas dengan menyalurkan beasiswa secara berkeadilan, transparan, akuntabel, tepat sasaran, tepat jumlah dan tepat waktu,” tutup Ibrahim Ali.(*)

 

Reporter : Dwi

Editor : M. Yanudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *