Dinkes Bulungan Akan Mendapat Bantuan GeNose C-19 dari Pemprov

TANJUNG SELOR – Kabar gembira, tak lama lagi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bulungan bakal mendapatkan bantuan alat pendeteksi infeksi virus corona melalui embusan napas, GeNose C-19 dari Dinkes Provinsi Kaltara.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinkes Bulungan Imam Sujono. “Infonya kami dapat 2 dari provinsi, hanya saja belum diberikan barangkali masih dalam proses pengadaan,” ucap Kepala Dinkes Bulungan Imam Sujono kepada benuanta.co.id, Senin 17 Mei 2021.

Dia mengatakan, saat alat GeNose ini telah tiba, maka akan dipasang di pintu masuk Bulungan baik lewat jalur perairan maupun jalur darat. Supaya lebih mudah mendeteksi para pelaku perjalanan yang akan masuk ke Bulungan.

Baca Juga :  Pemilihan Bupati Bulungan 2024 Tanpa Calon Independen

“Rencananya kita mau pasang satu di Pelabuhan Kayan II karena menjadi pintu masuk ke Bulungan dari Tarakan dan Nunukan,” ujarnya.

Kemudian satu alat lagi akan dipasang di Kecamatan Sekatak, guna mendeteksi pelaku perjalanan dari Kabupaten Tana Tidung (KTT) dan Kabupaten Malinau. Di mana alatnya akan difungsikan oleh tim Satgas Covid-19 Kecamatan Sekatak.

Baca Juga :  Puluhan Rumah di Desa Bhayangkara Ludes Terbakar 

“Jadi nanti dihandel oleh orang kecamatan, di dalamnya ada pihak desa, Puskesmas, Koramil dan Polsek,” sebutnya.

Selain menunggu bantuan alat GeNose C-19 ini dari Dinkes Kaltara, Dinkes Bulungan juga berupaya dengan mengadakan alat Polymerase Chain Reaction (PCR) sendiri, setidaknya tahun ini pihaknya akan memesan 2 alat PCR.

“Nanti ada 2, satunya kita pakai di rumah sakit, satunya kita gunakan di Dinas Kesehatan. Kalau PCR ini sudah cukup, kalau GeNose karena diberikan 2 maka kita akan gunakan secara maksimal,” pungkasnya. (*)

Baca Juga :  33 Orang Calon Panwascam Bulungan Ikuti Tes CAT

 

Reporter: Heri Muliadi

Editor : M. Yanudin

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2713 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar