oleh

Operasi Pekat 2020, Polda Kaltara Amankan Puluhan Botol Miras dan 1 Drum Ciu Proses Penyulingan

TANJUNG SELOR – Polda Kaltara menggelar operasi penyakit masyarakat (Pekat) 2020 yang dilaksanakan di wilayah Mentadao, Desa Bengarah, Kecamatan Sekatak, Bulungan, Rabu 15 Juli 2020, pukul 14.30 – 18.00 WITA. Kegiatan itu dipimpin oleh Kasubsatgas Gakkum Ditreskrimum Polda Kaltara, IPDA Prasetiuo Subekti SH.,MH.

Sebanyak 37 personel diterjunkan dalam memberantas penyakit masyarakat ini. Di mana personel langsung mendatangi rumah produksi dan penjual miras botolan dan tradisonal jenis ciu.

Rumah tersebut milik Daryanti yang memang selama ini diakuinya tempat memproduksi miras tradisional. Selain itu juga menjual miras jenis Bir dan Black Jack tanpa memiliki izin lebih dulu.

“Dari kegiatan itu, kita berhasil mengamankan 19 botol bir bintang, 2 botol Black Jack, 30 liter ciu (tuak) siap edar, dan 1 drum ciu yang masih proses penyulingan,” terang Kapolda Kaltara, Irjen Pol. Drs. Indrajit SH melalui Kabid Humas Kombes Pol. Berliando SIK.

Tak hanya itu, petugas juga mendapati gudang milik Ina Maryana yang memproduksi miras jenis ciu (tuak), lengkap dengan alat pembuatan atau penyulingan tanpa izin. Di antaranya 7 drum plastik besar, 5 panci sedang yang sudah di modifikasi untuk penyulingan, 1 panci besar yang sudah dimodifikasi untuk penyulingan, 14 tabung gas kecil, 1 karung gula, 4 Kompor gas, 5 jeriken ukuran 5 liter ciu siap edar, 3 jeriken ukuran 20 liter ciu siap edar, dan 4 wajan sedang yang sudah dimodifikasi untuk penyulingan.

“Barang tersebut diamankan di Dit Reskrimum Polda Kaltara. Selama kegiatan berlangsung berjalan dengan aman dan kondusif,” ujar Kombes Pol. Berliando SIK.(*)

Sumber: Bid Humas Polda Kaltara
Reporter: M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed