Aparat TNI Gagalkan Penyelundupan Miras dan Kosmetik Ilegal di Sebatik

benuanta.co.id, NUNUKAN – Tim gabungan dari personel Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarhanud 8/MBC dan Satgas BAIS berhasil menggagalkan upaya penyeludupan puluhan botol minuman keras (miras) dan ratusan pcs kosmetik ilegal asal Malaysia.

Dansatgas Yon Arhanud 8/MBC Letkol Arh Iwan Hermaya mengatakan, penggagalan tersebut berhasil dilakukan pada (16/5/2024) lalu sekira pukul 23.50 WITA.

“Bermula dari personel kita mendapatkan informasi dari warga bahwa di jalur Pos Bukit Keramat akan ada kegiatan pengiriman barang ilegal dari Tawau menuju ke Nunukan melalu Sebatik,” kata Iwan kepada benuanta.co.id, Sabtu (18/5/2024).

Baca Juga :  Curi Motor, Dua Pemuda Diringkus Satreskrim Polres Malinau

Berbekal informasi itu, tim gabungan kemudian melakukan Sweeping di depan Dalduk Pos Bukit Keramat terhadap Pelintas Batas baik yang menggunakan kendaraan roda empat maupun kendaraan roda dua.

Hingga personel berhasil menghentikan satu kendaraan jenis pick up yang mencurigakan yang terlihat memuat gas tetapi sejumlah barang lainnya ditutup dengan terpal.

“Pick up tersebut kita hentikan yang mana dikendarai oleh Usman. Saat kita geledah didapati 70 botol miras ilegal yang terdiri dari 24 botol miras merk R & B dan 46 botol miras merk Black Jack serta ditemukan juga 256 pcs kosmetik Merk Briliant,” ungkapnya.

Baca Juga :  Hasil Lab Kementan Diterima Satreskrim Polres Tarakan, Beras Terbukti Dioplos

Iwan menyampaikan, dari hasil pemeriksaan, Usman mengaku bahwa barang tersebut merupakan barang titipan. Yang mana, ia mengaku hanya sebagai jasa pengirim barang.

“Pengakuannya dia hanya disewa jasa pengiriman barang, nanti batang tersebut akan diambil oleh seorang yang tidak ia kenal di Dermaga Kandang Babi,” jelasnya.

Sementara itu, terhadap barang bukti yang diamankan selanjutnya diserahkan ke pihak Bea Cukai Nunukan untuk di proses lebih lanjut.

Baca Juga :  Satgas Pamtas Gagalkan Penyeludupan Miras di Sei Menggaris

Iwan menegaskan, pihaknya akan terus melakukan sweeping untuk mencegah masuknya barang-barang Ilegal yang melintas tanpa dilengkapi dengan dokumen resmi serta barang terlarang.(*)

Reporter: Novita A.K

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2673 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *