Keruk Embung Dianggap Solusi Jangka Pendek Atasi Krisis Air Bersih di Nunukan

benuanta.co.id, NUNUKAN – Sejumlah embung yang ada Nunukan akan dilakukan pengerukan sebagai solusi mengatasi krisis air bersih. Direktur Perumda Air Minum Tirta Taka Nunukan, Masdi mengatakan, pengerukan embung sudah mulai dilakukan sejak Selasa (03/09/2024) lalu. Pengerukan telah dilakukan Embung Binusan yang berada di Desa Binusan, Kecamatan Nunukan.

“Satu unit excavator sudah melakukan pengerukan di embung Binusan, kenapa di embung ini yang duluan kita lakukan karena embung ini merupakan penyuplai air baku bagi instalasi pengolahan air bersih (IPA) Binusan yang melayani kebutuhan air bersih bagi masyarakat di wilayah Binusan, Sei Fatimah, Sei Apuk, termasuk Rumah Sakit Umum Derah (RSUD) Nunukan,” ungkap Masdi.

Dikatakannya, selain Embung Binusan, pengerukan juga akan dilakukan di embung-embung lain yang mengalami pendangkalan. Masdi menyampaikan, dengan pengerukan ini diharapkan kapasitas daya tampung air baku embung dapat mengalami peningkatan.

Baca Juga :  Dua Tahun Beroperasi, Rumah Sakit Pratama Sebuku Akhirnya Terakreditasi

“Tentunya harapan kita, daya tampung air lebih benyak lagi, jadi mampu meminimalisir penurunan volume air pada saat musim kemarau,” katanya.

Sementara itu, untuk anggaran pengerukan embung-embung tersebut dikatakannya berasal dari Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Nunukan Tahun Anggaran 2024.

“Sebenarnya ini hanya solusi untuk jangka pendek yang sebelumnya pernah dijanjikan Pemkab Nunukan untuk mengatasi krisis air bersih pada saat musim kemarau lalu,” jelasnya.

Baca Juga :  Berkas Tiga Paslon Pilbup Nunukan Dinyatakan Memenuhi Syarat

Masdi berharap dengan adanya pengerukan ini dapat menjadi langka awal yang baik untuk mengatasi krisis air bersih saat musim kemarau. (*)

Reporter: Novita A.K

Editor: Ramli

TS Poll - Loading poll ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *