Eks PMI Terlibat Kasus Pencurian, Begini Tanggapan Kepala BP3MI Kaltara

benuanta.co.id, NUNUKAN – Kasus pencurian yang terjadi di Nunukan kian marak, bahkan beberapa pelaku di antaranya merupakan mantan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang dipulangkan dari Malaysia.

Seperti kasus yang ditangani oleh Polres Nunukan April 2024 lalu, dua orang pelaku pencurian yakni MU (42) dan BE (28) merupakan mantan PMI yang dipulangkan dari Malaysia pada (26/3/2024) lalu.

Melihat kondisi ini, Kepala Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Kalimantan Utara (Kaltara), Kombes Pol F Jaya Ginting mengatakan, selama ini sejumlah PMI yang dideportasi lebih memilih tinggal di Nunukan dan mendapatkan jaminan dari kenalan maupun pihak keluarganya.

Baca Juga :  Stok dan Harga Sembako di Nunukan Dipastikan Aman hingga Iduladha 1445 Hijriah

Ia pun tak menampik, terkait sejumlah mantan deportan kerap melakukan tindak kriminal di wilayah Nunukan.

“Ini cukup membuat kita dilema, di satu sisi ini masalah kemanusiaan namun di sisi lain juga kita harus berlaku adil dengan masyarakat yang ada di Nunukan, jadi untuk mantan deportan yang melakukan tindak kriminal memang harus ditindak tegas,” kata Ginting kepada benuanta.co.id, Senin (10/6/2024).

Baca Juga :  Banjir Sungai Sembakung Mulai Surut

Tindakan kriminal yang dilakukan oleh mantan deportan dikatakan Ginting terjadi lantaran para PMI yang selama ini sudah terbiasa bekerja dan memiliki penghasilan, namun setelah di dideportasi para PMI tersebut harus ke suatu daerah tanpa memiliki bekal apa-apa.

“Jadi dengan pemikiran pendek seperti ini, mereka terpengaruhi oleh hawa nafsu mereka sehingga itu yang mendorong mereka melakukan tindakan kriminal,” ungkapnya.

Baca Juga :  Imigrasi Nunukan Pro Justucia 2 WNA

BP3MI Kaltara selama ini selalu berkomunikasi dengan Aparat Penegak Hukum (APH) yang di Kabupaten Nunukan untuk melakukan pengamanan untuk mencegah terjadinya tindak Kriminal yang mengganggu keamanan dan ketenteraman masyarakat Nunukan.(*)

Reporter: Novita A.K

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1964 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *