Ke Malaysia Secara Ilegal Masuk Indonesia Jalur Resmi, Akhirnya Berurusan dengan Imigrasi Nunukan

benuanta.co.id, NUNUKAN – Bermaksud menjenguk orangtua yang sedang sakit. Jusri (36) yang merupakan seorang Pekerja Migran Indonesia (PMI) malah harus berurusan dengan pihak imigrasi setelah melalui jalur perlintasan Ba’kelalan, Malaysia- Long Midang, Indonesia.

Kepala Kantor Imigrasi Nunukan, Ryan Aditya melalui Kasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Kantor Imigrasi Nunukan, Jodhi Erlangga mengatakan Jusri diketahui melintas di jalur perbatasan dan diamankan oleh Petugas Pamtas di Pos Gabma Long Midang pada Rabu (22/5/2024) lalu.

“Jusri ini WNI asalnya dari Bulukumba, Sulawesi Selatan,” kata Jodhi kepada benuanta.co.id, Jumat (24/5/2024).

Baca Juga :  Pria di Nunukan Gauli Anak Tiri sampai Hamil 6 Bulan

Dikatakannya, petugas Pos Imigrasi Krayan melakukan pemeriksaan terhadap satu orang Pekerja Migran Indonesia (PMI) do Pos Check Point Imigrasi Long Midang Krayan. Jodhi mengungkapkan, PMI tersebut masuk melalui perlintasan Ba’kelalan, Malaysia- Long Midang, Indonesia, sehingga dicegat dan dilakukan pemeriksaan oleh Petugas Pamtas di Pos Gabma Long Midang.

“Yang bersangkutan diperiksa, untuk antispasi yang bersangkutan tidak membawa barang-barang terlarang. Setelah itu baru diserahkan ke personel kita di Pos,” ungkapnya.

Baca Juga :  Prevalensi Stunting di Nunukan Turun hingga 15,8 Persen

Dari hasil wawancara kepada Jusri, diketahui jika ia masuk ke Malaysia secara tidak resmi melalui jalur perlintasan yang ada di Aji Kuning, Sebatik pada awal tahun 2023 lalu. Selama di Malaysia, Jusri mengaku bekerja sebagai pemanen buah kelapa sawit di salah satu perusahaan Kelapa Sawit yang berada di Lawas, Malaysia.

“Pengakuannya, ia berhenti bekerja dikarenakan mendapatkan kabar bahwa orang tuanya sedang sakit keras di kampung, makanya ia memutuskan kembali ke Indonesia melalui jalur Ba’Kelalan-Long Midang,” jelasnya.

Baca Juga :  Banjir Sungai Sembakung Mulai Surut

Untuk saat ini, Jusri sementara tinggal di penginapan Malindong, Long Bawan sembari mengurus tiket pulang melalui jalur rute Krayan-Nunukan.

“Nanti daru Nunukan, ia akan menggunakan kapal laut untuk kembali ke Bulukumba secara mandiri,” terangnya. (*)

Reporter: Novita A.K

Editor: Nicky Saputra

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1989 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *