Januari-April 2024, Puluhan Kasus Bencana Terjadi di Nunukan

benuanta.co.id, NUNUKAN – Selama kurun waktu 4 bulan terakhir, puluhan kejadian bencana terjadi di Kabupaten Nunukan.

Kepala Sub Informasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nunukan, Basir mengatakan berdasarkan data, pihaknya mencatat sudah ada 31 kejadian yang terjadi di Kabupaten Nunukan.

“Untuk 31 ini itu dari bulan Januari hingga April 2024 ini,” kata Basir kepada benuanta.co.id, Selasa (7/5/2024).

Diungkapkannya, untuk Januari ada 4 kasus kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dan Febuari 8 kali. Lalu Maret kasus abrasi terjadi 1 kali, Karhutla sebanyak 7 kali dan kebakaran bangunan 3 kali. Kemudian untuk bulan April kasus kebakaran bangunan 1 dan kasus laka laut sebanyak satu 1 kali.

Baca Juga :  Gegara Lemparan Batu, Pria Ini Aniaya Kawannya Pakai Sajam

“Sampai saat ini, kasus yang terjadi masih di dominasi Karhutla dan itu terjadi paling banyak di wilayah Kecamatan Nunukan dan Nunukan Selatan,” ungkapnya.

Diungkapkannya, untuk kasus terbanyak terakhir pada bulan Febuari ada 8 kejadian Karhutla. Empat kejadian di Kecamatan Nunukan Selatan, 3 kejadian di Kecamatan Nunukan dan 1 di Kecamatan Sembakung. Sebagain besar bencana Karhutla ini terjadi diduga lantaran adanya aktivitas pembukaan lahan yang dilakukan dengan cara dibakar.

Baca Juga :  Pemkab Nunukan Jalankan Aplikasi Menyesuaikan Kebutuhan Pemerintahan

Sementara itu, untuk kasus laka laut terjadi antara dua unit perahu yang tabrakan di jalur pelayaran di depan Dermaga Binalawan, Kecamatan Sebatik Barat pada Ahad, (14/4/2024) malam. Saat itu, salah satu speedboat membawa 9 orang penumpang dewasa dan 3 anak-anak dibawah umur serta 5 unit sepeda motor.

“Beruntung dalam kejadian laka laut tersebut tidak menelan korban jiwa,” tutupnya. (*)

Baca Juga :  50 Karung Ballpress Asal Malaysia Diamankan Lanal Nunukan

Reporter: Novita A.K

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2962 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *