Wow! Inflasi di Kaltara Terendah di Regional Kalimantan 

benuanta.co.id TANJUNG SELOR – Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kalimantan Kaltara Mas’ud Rifai menyebutkan, Kalimantan Utara menjadi satu-satunya provinsi di Kalimantan yang berhasil menekan lajunya inflasi.

Alhasil, kata Mas’ud Rifai inflasi provinsi termuda di Indonesia ini menjadi yang terendah dalam skup regional Kalimantan.

“Ini adalah komitmen bersama pemerintah daerah yang bersinergi dengan pemerintah pusat dalam menekan lajunya inflasi di daerah,” ucapnya, Selasa (7/5/2024)

Berikut adalah daftar inflasi April 2024 menurut wilayah (Foto: Ist)

“Hasil ini, kita apresiasi atas kerjasama seluruh pihak yang telah berkolaborasi, mulai dari tingkat kabupaten/kota hingga ke pemerintah pusat,” sambungnya.

Seperti diketahui kata Mas’ud Rifai, untuk laju inflasi di Kalimantan Utara pada bulan April 2024 sebesar 2,47 persen.

Baca Juga :  Kaltara Peroleh Juara Umum Inovasi TTG Nusantara XXV

“Kita (BPS) bersama dengan pemerintah daerah maupun kabupaten/kota,setiap pekan selalu menggelar rakor inflasi yang dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri. Dan kita selalu mengikuti sejumlah arahan yang diberikan,” ungkapnya.

Terpisah, Gubernur Kaltara, Zainal A Paliwang menyebut ada berbagai upaya Pemprov Kaltara dalam mengendalikan infalasi di Bumi Benuanta. Seperti menggelar kerjasama dengan sejumlah pihak terkait, seperti Bulog untuk menggalakkan Gerakan Pangan Murah yang mana hal itu banyak diminati masyarakat.

“Dari situ, saya instruksikan sejumlah perangkat daerah terkait, seperti Disperindagkop-UKM dan DPKP Kaltara agar menjalin kerjasama dalam menjalankan Gerakan Pangan Murah,” ujar Gubernur.

Baca Juga :  Disperindagkop Kaltara Bekali UMKM Alur Ekspor Produk

Gerakan Pangan Murah yang digelar di Tanjung Selor, Tarakan, dan Nunukan sehingga harga beras bisa terjangkau. Dengan kata lain, masyarakat mendapatkannya dengan mudah dan murah.

Meski saat ini harga gula dan bawang cenderung mengalami kenaikan, Gubernur tetap optimisi perangkat daerah terkait terus melakukan inovasi.

“Kita siapkan tempat wadah kios bersama dengan Bulog menyediakan beras murah disana, murah dan terjangkau, sehingga yang tadi naik bisa secara perlahan mereda” jelasnya.

Selain itu, ia menuturkan rencana akan dibuatnya kios beberapa titik lokasi terutama yang mudah dijangkau masyarakat seperti ke pasar induk dan pusat pasar lainnya, supaya bisa menekan harga beras tidak naik.

Baca Juga :  Ciptakan Layanan Publik yang Baik, BKD Kaltara Mulai Lakukan Penilaian Kinerja Aparatur

Hal ini seperti ini Kota Tarakan yang sudah melakukan kerjasama antar daerah luar dengan Sulawesi sehingga bisa menjaga stok beras di pasar. Walaupun begitu fokus yang terutama yaitu beras ini akan dibantu lewat Bulog dan Badan Pangan Nasional melalui Gerakan Pangan Murah. (*)

Reporter: Ike Julianti

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2637 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *