PPNI dan Baznas Nunukan Sukses Gelar Baksos Khitanan Massal di Sembakung

benuanta.co.id, NUNUKAN – Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Nunukan bekerjasama Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Nunukan, sukses menggelar kegiatan bakti sosial khitanan massal dan Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular (PTM) yang dilaksanakan di Gedung SMP Negeri 1 Sembakung.

Selain bakti sosial, PPNI Kabupaten Nunukan juga berkolaborasi bersama PKK Kecamatan Sembakung dalam melaksanakan senam sehat dan senam cuci tangan bersama masyarakat. Kegiatan aktivitas fisik, makan  buah dan sayur  panitia juga mensukseskan salah satu program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).

Ketua DPD PPNI Kabupaten Nunukan Dedi Wahyono mengatakan, mengatakan masyarakat dapat periksa kesehatan secara gratis.

Baca Juga :  Cari Rokok Ilegal, KPPBC Nunukan Datangi Kios di Sebatik

“Tujuannya agar masyarakat Sembakung dapat mencegah ataupun mengobati penyakitnya, semoga semua warga Sembakung sehat,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana kegiatan Baksos PPNI Kabupaten Nunukan, Said Mochdar mengatakan target awal sunatan massal ini sebenarnya hanya 50 anak.

“Ternyata animo warga begitu tinggi sehingga kami tambah lagi dan tengah hari sudah mencapai 54 orang anak dan kami juga membuka 1 pos pelayanan sunatan massal ke Desa Tagul, mengingat daerah tersebut jauh dari Kecamatan tempat kegiatan utama. Kemudian kami juga menyediakan kuota peserta pemeriksaan penyakit tidak menular sebanyak 100 orang,” jelasnya.

Baca Juga :  Tindak Tegas WNA Bermasalah 

“Sunatan massal dan pemeriksaan kesehatan gratis tersebut bagian dari kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan PPNI Kabupaten Nunukan. Kegiatan baksos ini juga bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) kabupaten Nunukan,” tambahnya.

Layanannya kesehatan yang dilakukan dalam bakti sosial ini meliputi pemeriksaan tekanan darah, cek gula darah, kolesterol dan asam urat.

“Melalui BAZNAS Kabupaten Nunukan, Kami juga memberikan bingkisan kepada para peserta sunatan massal. Mereka begitu bergembira dan hal itu membuat kami lega. Alhamdulillah kegiatan baksos yang kami laksanakan mendapat sambutan hangat dari masyarakat khususnya di Kecamatan Sembakung.. Semoga tahun-tahun yang akan datang juga dilaksanakan kegiatan serupa,”ucapnya.

Baca Juga :  PLTA Kapasitas 250 MW akan Dibangun di Sembakung

Kegiatan ini diapresiasi juga oleh Bupati Nunukan dan Gubernur Kalimantan Utara karena telah sukses menggelar acara bakti sosial Khitanan massal dan deteksi dini PTM di Kecamatan Sembakung yang merupakan daerah 3T namun mampu menjadi tuan rumah untuk pelaksanaan kegiatan tersebut. (*)

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2724 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *