Pengoperasian PLBN Labang Masih Menunggu Pembangunan Pintu Masuk Malaysia

benuanta.co.id, NUNUKAN – Meski telah rampung dibangun, Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Labang di Kecamatan Lumbis Pansiangan hingga kini belum dioperasikan.

Sekretaris Badan Pengelolaan Perbatasan Daerah (BPPD) Nunukan, Yance Tambaru mengatakan, belum beroperasinya PLBN lintas sungai ini lantaran, masih menunggu penyelesaian progres pembangunan pintu masuk atau pos pelayanan lintas batas di wilayah Pegalungan, Kampung Bantul, Sabah, Malaysia.

Berdasarkan informasi yang diterima pihaknya, akses jalan ke kawasan Pegalungan Kampung Bantul masih dalam proses pembangunan oleh pihak Malaysia.

Baca Juga :  Miris! Curi Ikan, HP dan Uang Tunai Demi Judi Slot

“Masih proses pembangunan, jadi ini juga untuk memudahkan pelayanan nantinya bagi para pelintas batas, baik yang akan ke Indonesia maupun sebaliknya,” kata Yance kepada benuanta.co.id, Kamis (25/4/2024).

Diungkapkannya, untuk pembukaan PLBN Labang nantinya masih menunggu kesepakatan dengan pihak Malaysia, jika nantinya seluruh pembangunan exit entry point di Pegalungan telah dirampungkan.

“Kalau untuk PLBN Labang, sudah siap untuk dioperasikan melayani penyeberangan lintas negara. Intinya dari pihak kita sudah siap seratus persen, tinggal Malaysia saja lagi bagaimana progresnya mereka,” ungkapnya.

Baca Juga :  PokjaDa IKIP Buka Penjaringan Informan Ahli

Yance mengatakan, meski belum difungsikan, namun aktivitas pelintas batas masyarakat sejauh ini terus berjalan dengan memanfaatkan keberadaan Pos Checkpoint Imigrasi di Desa Mansalong, Kecamatan Lumbis.

Nantinya, jika PLBN Labang sudah difungsikan maka semua pelayanan akan dialihkan sepenuhnya ke Desa Labang, bersama dengan pelayanan instansi vertikal lainnya seperti Bea Cukai, Karantina Pertanian dan Kesehatan Pelabuhan, termasuk pengamanan dari jajaran TNI-Polri.

Baca Juga :  Jejak Sandal Tertinggal di Bawah Jendela, Pencuri Ini Diringkus Polisi   

“Untuk pelaksanaannya nanti, sepenuhnya akan dikelola oleh Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP),” tutupnya. (*)

Reporter: Novita A.K

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2920 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *