Wabup H. Hanafiah, RKPD Nunukan Harus Dimulai dari Permasalahan di Masyarakat

benuanta.co.id, NUNUKAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nunukan tengah menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Nunukan tahun 2025 untuk peningkatan produktivitas unggulan daerah dan peningkatan daya saing sumber daya manusia.

Wakil Bupati Nunukan, H. Hanafiah menyampaikan proses penyusunan rencana kerja pemerintah daerah untuk tahun 2025 dilaksanakan secara partisipatif untuk menjaring aspirasi dan kebutuhan masyarakat sesuai potensi dan permasalahan yang dihadapi guna mengoptimalkan hasil pembangunan. Untuk itu partisipasi masyarakat khususnya dalam proses perencanaan merupakan hal yang sangat penting.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1910 votes

Karena partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan merupakan salah satu wahana pemberdayaan masyarakat untuk berperan dalam proses pengambilan keputusan, dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan atau stakeholder dalam menentukan arah  pembangunan daerah.

Konsultasi publik, merupakan upaya penjaringan saran, masukan dari instansi atau lembaga terkait maupun kelompok dan organisasi kemasyarakatan untuk melengkapi dan menyempurnakan rancangan awal rencana kerja pemerintah daerah yang telah disusun.

“Di tahun 2025 ini adalah tahun ke empat pelaksanaan RPJMD 2021-2026 Kabupaten Nunukan yang kami pimpin,”  kata H. Hanafiah, Kamis, 22 Februari 2024.

Dia mengharapkan, peningkatan kinerja program pembangunan selaras dengan kerjasama lintas sektor sehingga program yang akan dijalankan di tahun 2025 bisa lebih fokus dan sejalan antara kabupaten, provinsi hingga nasional.

Tiga perencanaan sekaligus, yaitu RPJPD selama 20 tahun, RPJMD teknokratik dan sekarang memasuki tahapan perencanaan RKPD tahun 2025.

“Ke depan kita harus lebih fokus, perencanaan program, yang  harus dimulai dari permasalahan di masyarakat sehingga ada hubungannya dengan program kegiatan yang akan dimulai,” pungkasnya. (*)

Reporter: Darmawan

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *