Pendaftaran Uji Kompetensi Jabatan Fungsional Perencana 2024 Dibuka, Ini Syarat dan Jadwalnya

benuanta.co.id, BULUNGAN – Kementerian PPN/Bappenas telah membuka pendaftaran Uji Kompetensi Jabatan Fungsional Perencana (JFP) Tahun Anggaran 2024. Uji kompetensi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan profesionalisme Fungsional Perencana di lingkungan pemerintahan.

Pendaftaran Uji Kompetensi JFP dibuka hingga tanggal 31 Juli 2024. Pendaftaran hanya dapat dilakukan melalui tautan pusbindiklatren.bappenas.go.id/daftar. Uji Kompetensi JFP akan dilaksanakan pada periode Maret hingga November 2024 dengan metode daring dan luring.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1941 votes

Kelengkapan berkas fisik selambat-lambatnya diterima di Kantor Pusbindiklatren pada tanggal 31 Januari 2024 untuk gelombang I, tanggal 31 Maret 2024 untuk gelombang II, tanggal 31 Mei 2024 untuk gelombang III, tanggal 31 Juli 2024 untuk gelombang IV dan tanggal 30 September 2024 untuk gelombang V.

Kewajiban mengikuti dan lulus uji kompetensi diperuntukkan bagi Fungsional Perencana yang akan naik jabatan ke satu jenjang lebih tinggi, serta bagi PNS yang akan diangkat menjadi Fungsional Perencana semua jenjang melalui jalur perpindahan jabatan.

Plt Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kaltara, Andi Amriampa mengatakan bahwa uji kompetensi ini terkait dengan instansi pembina, yaitu BKN. Jabatan yang instansi pembinanya di BKN itu ada beberapa diantaranya Analis SDM Aparatur dan Assesor.

“Sebenarnya semua memungkinkan untuk pindah jabatan, terutama Kassubag Pembina Kepegawaian di masing-masing OPD. Peluangnya besar tergantung yang bersangkutan apakah mau pindah atau tidak,” ujar Andi kepada benuanta.co.id, Rabu, 21 Februari 2024.

Andi menambahkan bahwa termasuk sebenarnya yang eselon 2, ada peluang untuk Analis SDM Aparatur Ahli Utama, tapi syaratnya 1 tahun sebelum pensiun. Tapi kalau Ahli Madya tidak berlaku syarat ini.

“Saat ini untuk Analis SDM Aparatur itu ada 2 OPD yang ditempati yakni di BKD dan di rumah sakit,” tuturnya.

Andi mengimbau kepada para Fungsional Perencana dan PNS yang berminat untuk segera mendaftar dan mempersiapkan diri mengikuti uji kompetensi. “Pendaftaran telah dibuka, apalagi sudah ada tahapannya,” tutupnya. (*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *