BKD Kaltara Dorong ASN Mengaplikasikan Sistem Merit yang Berkualitas

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Sukses meraih piagam penghargaan dari Kantor Regional (Kanreg) VIII Badan Kepegawaian Nasional (BKN), Badan Kepegeawain Daerah (BKD) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) optimis dapat meningkatkan  pelayanan publik Pemerintahan melalui Sumber Daya Manusia (SDM) Pemprov Kaltara.

Menurut Plt. Kepala BKD Provinsi Kaltara Andi Amriampa, kualitas pelayanan publik tidak hanya didukung dengan fasilitas pendukung yang mumpuni saja tapi juga harus disertakan dengan kemampuan individual SDM yang mumpuni juga dalam menciptakan pelayana yanh baik kepada masyarakat.

Baca Juga :  Seleksi Penerimaan CASN Didominasi PPPK

“Penghargaan itu akan menjadi acuan kita bersama dalam berbenah dan kita optimis, pelayanan publik kita yang sudah masuk kategori baik. Akan semakin baik lagi seiring dengan peningkatan kualitas SDM Pemerintah,” ucap pria yang akrab disapa Andi pada Senin, 1 Juli 2024.

Sebagai instansi pemerintah, BKD berkomitmen dalam pengembangan kompetensi berbasis sistem terintegrasi SIASN. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya ASN Pemprov Kaltara yang mengikuti program dari BKN.

“Buktinya secara Nasional, ASN kitalah yang paling banyak mengikuti program BKN sehingga kita dianggap serius oleh Pusat terkait pengrmbangan SDM ini,” ujarnya.

Baca Juga :  Seleksi Penerimaan CASN Didominasi PPPK

Ia menambahkan didorongnya SDM Pemprov Kaltara untuk meningkatkan kompetensi sebagai SDM bertujuan untuk penerapan manajemen talenta guna mendukung terlaksananya sistem Merit Pemprov Kaltara.

Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara Pasal 1, sistem Merit didefinisikan sebagai kebijakan dan manajemen ASN yang berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja, yang diberlakukan secara adil dan wajar dengan tanpa diskriminasi.

“Merit sistem ini dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan produktivitas, menurunkan biaya produksi dan meningkatkan pendapatan,” jelasnya.

Baca Juga :  Seleksi Penerimaan CASN Didominasi PPPK

“Oleh karena itu pengembangan SDM yang kita lakukan ialah untuk mengaplikasikan SDM dalam manajemin Merit ini dan kita terus berupaya melakukan yang terbaik. Agar kepuasan dari pelayanan publik terhadap Pemerintah juga bertambah baik,” pungkasnya.(adv)

Reporter: Osarade

Editor: Ramli 

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2655 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *