Kuatkan Pengamanan Tahapan Pemilu Selama Nataru, Polres Malinau Lakukan OMB

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Cegah berbagai isu yang dapat berkembang dan menganggu Kamtibmas di Kabupaten Malinau. Polres Malinau melalui Satuan Tugas (Satgas) Preventif Operasi Mantap Brata (OMB) Kayan 2023-2024 Polres terus lakukan patroli secara intensif di permukiman warga. Termasuk di Kantor Penyelenggara Pemilu 2024 seperti Gudang Logistik KPU, Kantor KPU dan Bawaslu Kabupaten Malinau.

Saat dikonfirmasi Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Malinau AKBP Heru Eko Wibowo, S.H., S.I.K., M.H., melalui Kasat Samapta Polres Malinau IPTU Isak Pangala, S.E., menuturkan bahwa Satsamapta Polres Malinau sebagai Satgas Preventif secara intensif menggelar kegiatan patroli baik siang maupun malam hingga dini hari dalam rangka mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif dimasa berjalanya Operasi Mantap Brata Kayan 2023-2024.

“Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Operasi Mantap Brata Kayan 2023-2024 yang merupakan sebuah langkah pengamanan menyeluruh yang dilakukan sebagai persiapan menjelang Pemilu 2024 mendatang. Sebagai Satgas Preventif, kami terus melakukan upaya cipta kondisi untuk mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan meningkatkan kegiatan patroli ke permukiman warga,” Kata Polisi yang akrab siapa Isak pada Ahad, 31 Desember 2023.

Tak hanya itu, selama OMB ini berjalan Polres Malinau juga mengerahkan personel untuk melaksanakan pengamanan menetap di Gudang Logistik KPU, Kantor KPU dan Bawaslu Kabupaten Malinau.

“Terhadap personel yang ditempatkan di Gudang Logistik KPU, Kantor KPU dan Bawaslu ini para personel berjaga selama 24 jam untuk mencegah kemungkinan terjadinya gangguan Kamtibmas. Pengerahan personel ini menunjukkan komitmen kami dari Polres Malinau dalam menjaga keamanan dan ketertiban serta mencegah potensi gangguan yang dapat mengganggu integritas Pemilu,” ujarnya.

Dalam pelaksanaan patroli ini, selain memberikan pesan-pesan Kamtibmas kepada masyarakat yang dijumpai, personel Satsamapta Polres Malinau juga berkoordinasi dengan petugas yang ada di Gudang Logistik KPU, Kantor KPU dan Bawaslu terkait situasi keamanan.

“Kami mengajak partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga keamanan selama tahapan Pemilu. Kami berharap dan mengajak seluruh elemen masyarakat juga untuk dapat membantu Kepolisian dalam memberikan informasi kepada petugas Kepolisian bilamana terjadi gangguan Kamtibmas di lingkungannya,” lanjutnya lagi.

“Kami siap untuk merespons apabila ada laporan atau situasi yang membutuhkan tindakan dari pihak Kepolisian. Meskipun kondisi wilayah hukum Polres Malinau tergolong aman dan tidak terjadi gangguan Kamtibmas yang menonjol, kami dari Polres Malinau juga akan tetap selalu waspada dan terus mendeteksi terkait hal-hal gangguan Kamtibmas tersebut,” pungkasnya.(*)

Reporter: Osarade

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *