75 Napi di Nunukan Bakal Terima Remisi Khusus Natal 2023

benuanta.co.id, NUNUKAN – Puluhan Warga Binaan Permasyarakatan (WBP) Lapas Kelas II B Nunukan akan mendapatkan remisi khusus pada hari raya Natal 2023 mendatang.

Kepala Lapas Kelas II B Nunukan, Puang Dirham mengungkapkan untuk remisi khusus hari raya Natal ini akan diberikan kepada narapidana Lapas Nunukan yang beragama Kristen Protestan dan Kristen Katolik.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1942 votes

“Kalau untuk di Lapas ini, yang beragama Kristen itu ada sekitar 100 narapidana, namun yang kita usulkan untuk mendapatkan remisi khusus Natal hanya 75 Napi saja,” kata Puang Dirham kepada benuanta.co.id, Kamis (21/12/2023).

Baca Juga :  Pelabuhan Sei Jepun Dipadati Penumpang Berwisata ke Sebatik

Dikatakannya, telah telah mengusulkan 75 daftar WBP yang akan mendapatkan remisi yang mana sudah diusulkan ke Direktorat Jenderal (Dirjen) Pemasyarakatan Kemenkumham RI.

“Kalau untuk persyaratan pengajuan remisi itu minimal sudah menjalani masa tahanan selama 6 bulan,” ungkapnya.

Sementara itu, Puang mengungkapkan jika puluhan WBP yang diusulkan untuk mendapatkan remisi tersebut didominasi kasus narkoba sebanyak 35 Napi.

Baca Juga :  Arus Balik di Pelabuhan Tunon Taka Nunukan Meningkat

Kemudian untuk kasus keimigrasian 1 orang, kasus KDRT 2 orang, kasus pembunuhan 2 orang, pencurian 5 orang, penganiayaan 1 orang, penggelapan 2 orang, perlindungan anak 2 orang dan korupsi 1 orang.

Sedangkan untuk waktu pemberian remisi khusus yakni dua bulan, ia juga menyampaikan jika 75 WBP ini diusulkan untuk RK1.

Puang menyampaikan, untuk jumlah bersaran remisi yang akan diberikan yakni 14 orang mendapatkan remisi 15 hari, 30 orang mendapatkan remisi 1 bulan dan sebanyak 31 orang mendapatkan remisi 1 bulan 15 hari.

Baca Juga :  Libur Lebaran, SAE Lanuka Jadi Tempat Favorit Warga Nunukan 

“Jadi dari 75 Napi ini 2 di antaranya masih menjalani denda dan 1 orang registrasi F, Kemudian ada 22  Napi yang belum menjalani masa pidana 6 bulan,” jelasnya. (*)

Reporter: Novita A.K

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *