Perpustakaan Keliling di Wilayah Pedalaman Masuk Proker Tahun 2024

benuanta.co.id TANJUNG SELOR – Rencana program inovasi pelayanan perpustakaan untuk tahun 2024 dengan mengadakan perpustakaan keliling di wilayah pedalaman di Kaltara.

Hal tersebut disampaikan Pelaksana Tugas (plt) Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kalimantan Utara (Kaltara) Yosua Batara Payangan. Menurutnya, beberapa fokus program kerja di tahun depan namun perpustakaan keliling untuk wilayah pedalaman akan di prioritaskan. Hal tersebut bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses belajar mengajar.

Baca Juga :  DKP Kaltara Wacanakan Mercusuar untuk Tangani Alur Laut

“Ada lima program kerja kita di tahun 2024 Perpustakaan, yakni perpustakaan Keliling ke Wilayah Pedalaman, Festival Literasi di Perdesaan, Peningkatan acara bedah buku, Kursus Bahasa Mandarin, Peningkatan Koleksi Bahan Pustaka,” ucapnya, Senin (17/12).

“Untuk perpustakaan keliling di wilayah pedalaman kemungkinan akan beroperasi di beberapa daerah salah satunya KTT, Malinau, dan Nunukan,” ucapnya lagi.

Baca Juga :  DKP Kaltara Wacanakan Mercusuar untuk Tangani Alur Laut

Tak hanya itu, Yosua juga menyebutkan, perpustakaan keliling melayani masyarakat yang tidak terjangkau atau sulit dijangkau oleh pelayanan perpustakaan, mengingat keterbatasan dan kelemahan perpustakaan umum.

“Kita berharap semua rencana program kerja di tahun 2024 bisa berjalan sesuai harapan,” ucapnya.

Berdasarkan UU Perpustakaan pada Bab I pasal 1 menyatakan Perpustakaan adalah institusi yang mengumpulkan pengetahuan tercetak dan terekam, mengelolanya dengan cara khusus guna memenuhi kebutuhan intelektualitas para penggunanya melalui beragam cara interaksi pengetahuan.(*)

Baca Juga :  DKP Kaltara Wacanakan Mercusuar untuk Tangani Alur Laut

Reporter: Ike Julianti

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2633 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *