Belasan Realisasi Investasi Siap Dikerjakan di Kaltara

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Selain Kawasan Industri Hijau Indonesia (KIHI), Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) ternyata masih memiliki banyak sektor investasi bagi investor.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Kaltara, Ferry Ferdinand Bohoh, ST.,MT., mengatakan masih ada belasan proyeksi realisasi investasi lagi di Kaltara.

“Selain KIHI sebenarnya kita masih memiliki 17 realisasi investasi lagi dan itu di luar dari pada KIHI. Jika dihitung KIHI, maka sudah puluhan rencana realisasi investasi kita yang sudah pasti,” kata Ferdinand pada Kamis, 7 Desember 2023.

Baca Juga :  Nilai Investasi Pembangunan Pelabuhan Bebatu Capai Rp 170 Miliar

Belasan realisasi investasi itu meliputi beberapa sektor, termasuk pembangunan infrastruktur seperti RSUD dan Bandara Hijau pertama di dunia yang sudah mulai dilirik oleh pemerintah Kanada.

“Itu belum termasuk realisasi lainnya yang meliputi beberapa sektor seperti pertambangan, pertanian, kelautan dan perkebunan serta digitalisasi,” sebutnya.

“Saya rasa dengan realisasi investasi itu, kita tentu semakin optimis kalau kedepannya akan banyak lagi investor yang akan berinvestasi di Kaltara,” tambahnya.

Baca Juga :  Nilai Investasi Pembangunan Pelabuhan Bebatu Capai Rp 170 Miliar

Secara terpisah, Gubernur Provinsi Kaltara, Zainal Arifin Paliwang menjelaskan banyaknya investor yang akan masuk di Kaltara juga akan diseimbangkan dengan kebutuhan SDM lokal.

Di mana setiap investor yang akan masuk akan ditekankan untuk menggunakan SDM lokal, baik sebagai pekerja non teknis ataupun pekerja teknis.

“Makanya persiapan SDM lokal ini kita siapkan sedini mungkin, mulai dari memberikan beasiswa bidang dan umum, pelatihan kemampuan bidang. Hingga membuat MoU kepada para investor untuk melatih SDM lokal sebelum memulai kegiatan realisasi investasi,” pungkasnya. (adv)

Baca Juga :  Nilai Investasi Pembangunan Pelabuhan Bebatu Capai Rp 170 Miliar

Reporter: Osarade

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *