Pilkades Sukses Digelar, Kapolres Apresiasi Masyarakat Malinau

benuanta.co.id, MALINAU – Suksesnya pemilihan kepala desa (Pilkades) yang digelar serentak gelombang I tahun 2023 di Malinau diapresiasi Kapolres Malinau.

Diketahui, Pilkades ini digelar kepada 58 desa di 14 kecamatan dari 15 kecamatan di Kabupaten Malinau.

Beberapa desa yang sempat dikhawatirkan akan menjalani Pilkades dengan suasana yang panas, karena melakukan Elektronik Voting (E-Voting) ternyata juga disambut baik oleh masyarakat dan melancarkan berjalannya Pilkades serentak kali ini.

“Syukur puji tuhan semuanya berjalan dengan lancar, bahkan E-Voting yang dilakukan di dua desa juga berjalan dengan aman dan diterima baik oleh masyarakat,” kata Kapolres Malinau AKBP Andreas Deddy Wijaya, Rabu, 31 Mei 2023.

Sekadar informasi, E-Voting sendiri merupakan salah satu terobosan terbaru dalam Pilkades Malinau yang diuji coba pada dua desa yang berada di Kecamantan Mentarang.

“Prosesnya lebih menggunakan digitalisasi, di mana peserta Pemilu cukup menggunakan layar digital yang disiapkan panitia untuk memilih, lalu keluarlah struk yang menandakan peserta sudah memilih Cakades,” terangnya.

“Makanya dalam pengamanan kemarin personel banyak kita fokuskan melakukan penjagaan di desa yang menggunakan E-Voting ini, namun ternyata semuanya berjalan aman,” tambahnya.

Usai Pilkades serentak ini, Andreas mengaku akan tetap menyiapkan personel di lapangan untuk memantau situasi usai Pilkades.

“Biasanya usai Pemilu, tensi-tensi antar pendukung kan masih ada, namun untuk di Malinau sendiri kita harapkan tetap amanlah sampai di hari pelantikan Kades nanti,” pungkasnya. (*)

Reporter: Osarade

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2571 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *