Peringati Hardiknas, Pemkab Malinau Diharapkan Mengedepankan SDM Lokal

benuanta.co.id, Malinau – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malinau merayakan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dengan memberikan Surat Keputusan (SK) kepada para guru, Pegawai Pemerintah Perjanjian Kontrak (PPPK) yang lulus pada seleksi penerimaan PPPK tahun 2022 lalu.

Dengan adanya SK dari Pemda untuk PPPK guru ini, Ketua DPRD Kabupaten Malinau, Ping Ding pun berharap agar para PPPK ini bisa menjalankan tugas dengan baik dan tidak sekedar menjadikan penugasan PPPK sebagai batu loncatan saja.

“Dinamika di Malinau memang seperti itu, terkadang kita kedatangan guru tapi setelah itu mereka pergi dengan alasan tertentu dan hal ini juga tidak bisa kita larang, meski sebebarnya kita menyayangkannya,” kata Ping Ding pada Selasa 02 Mei 2023.

Menurut Ping Ding prioritas DPRD bersama Pemkab Malinau saat ini ialah dengan mengendepankan kesejahteraan guru, di mana hal ini diharapkan mampu mendorong SDM guru agar betah untuk mengabdikan diri dipedalaman Malinau.

“Tidak hanya fokus kesejahteraan guru, namun kita juga sangat berharap agar Pemerintah Pusat bisa memberikan kelonggaran kepada Malinau agar mengedepankan SDM lokal,”lanjutnya lagi.

“Kelonggaran itu seperti memberikan Malinau keluluasaan agar dapat mengedepankan warga lokal untuk menjadi guru, agar dapat membangun daerah,” terangnya.

Dalam hal ini, dijelaskan oleh Ping ialah warga lokal Malinau dapat mengabdikan diri sepenuhnya untuk desa dan tidak meminta pindah penugasan ke Daerah lain.

“Minta pindah tugas itu wajar, namun jika begini terus maka target pembangunan pendidikan kita tidak akan pernah tercapai. Sehingga jika yang jadi guru merupakan SDM lokal maka mereka tidak akan lagi minta pindah tugas. Makanya DPRD bersama Pemkab saat ini memprioritaskan program beasiswa pendidikan untuk mempersiapkan SDM lokal,” pungkasnya. (*)

Reporter : Osarade

Editor: Nicky Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *